Jumat, 13 Desember 2019

Monev Semester II Tahun 2019 Lingkup LRMPHP

Monev Semester II Tahun 2019 Lingkup LRMPHP

Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP)  menyelenggarakan Monitong dan Evaluasi (Monev) Semester II Tahun  2019 pada 12 Desember 2019. Kegiatan dihadiri oleh Dra. Hera Rusida, M.M., yang mewakili Kepala Pusat Riset Perikanan, Kepala LRMPHP, evaluator kegiatan riset serta seluruh pegawai LRMPHP.

Kepala LRMPHP, Assadad, M.Sc dalam sambutan pembukaannya menyampaikan pelaksanaan kegiatan LRMPHP Tahun  Anggaran 2019 baik kegiatan riset maupun  manajerial telah berjalan dengan baik. Kegiatan riset LRMPHP tahun 2019 tentang mekanisasi penanganan rumput laut dan kegiatan Inovasi Adaptif Lokasi Perikanan (INTAN). Riset penanganan rumput laut dibagi dalam 3 subjudul kegiatan yaitu rancang bangun alat grading rumput laut, rancang bangun silo rumput laut dan rancang bangun pengering rumput laut menggunakan microwave, kegiatan INTAN tentang aplikasi teknologi alat transportasi ikan segar (ALTIS-2).Kepala LRMPHP berharap masukan dan arahan dari para evaluator agar pelaksanaan kegiatan riset dapat diukur telah memenuhi standar kualitas ilmiah dan sesuai proposal yang diajukan dan ditetapkan pada awal tahun.

Monev Semester II Tahun 2019 LRMPHP dibuka oleh Dra. Hera Rusida, M.M., sekaligus memberikan arahan. Dalam arahannya, beliau menyampaikan arah kebijakan sektor kelautan dan perikanan KKP sesuai arahan presiden RI yang meliputi pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, pemerintah akan mengajak DPR menerbitkan 2 undang-undang besar yaitu UU Cipta Lapangan Kerja dan UU Pemberdayaan UMKM, penyederhanaan birokrasi serta transformasi ekonomi.

Dra. Hera Rusida, M.M.,juga menyampaikan arahan Menteri KP tentang program riset dan SDM serta rancangan penguatan sarana dan prasarananya. Materi lain yang disampaikan dalam arahannya yaitu arahan dari Kepala BRSDM terkait riset perikanan dan umum, gelar inovasi teknologi, pengembangan desa inovasi serta rencana aksi lingkup Pusriskan 2020-2024. Untuk menindaklanjuti arahan Menteri KP tersebut, Dra. Hera Rusida, M.M., meminta agar LRMPHP mempersiapkan SDM, sarana dan prasarana dalam rangka menjadikan LRMPHP Bantul sebagai pusat inovasi alat dan mesin perikanan.

Pembahasan monev kegiatan riset tahun 2019, diawali dengan pemaparan kegiatan Riset Rancang Bangun Alat Silo Rumput Laut oleh Putri Wullandari STP, M.Sc dengan evaluator Dr Ir Nursigit Bintoro, M.Sc dari  Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Evaluator menyatakan pada dasarnya secara keseluruhan peralatan yang dihasilkan sudah bagus. Namun demikian perlunya perhitungan kembali untuk menetapkan suhu dan kelembaban agar kadar air rumput laut hasil pengujian sesuai dengan yang dikehendaki. Pada pemaparan kegiatan Riset Rancang Bangun Alat Grading Rumput Laut oleh I Made Susi Erawan, S.Pi, M.Sc dengan evaluator Dr. Rudiati Evi Masithoh, STP., M.Dev.Tech dari Fakultas Teknologi Pertanian UGM, menyampaikan kelebihan  identifikasi dan analisa yang berbasis pengolahan citra mata  dengan Convolutional Neural Networks (CNN). Sistem CNN ini diharapkan dapat diintegrasikan kepada alat pengayak yang akan digunakan untuk grading rumput laut. Pada pemaparan kegiatan riset Rancang Bangun Pengering Rumput Laut oleh Arif Rahman Hakim, S.Pi, M.Eng dengan evaluator Samsudin Anis, Ph.D dari Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan riset telah sesuai target yang ditetapkan. Sebagai masukan perlunya memperbanyak pengujian dengan berbagai parameter pengujian.

Selanjutnya pada pemaparan kegiatan INTAN ALTIS-2 dengan evaluator Dra. Hera Rusida, M.M. selaku Plt. Kabid Riset Pemulihan SD &  Teknologi Alsinkan Pusriskan menjelaskan agar  LRMPHP menyuarakan isu transgender karena INTAN ALTIS-2 selain dapat digunakan oleh laki-laki, namun perempuan juga dapat menggunakannya. Beliau juga menyampaikan bahwa meskipun hasil monitoring dan evaluasi terhadap kinerja ALTIS-2 cukup memuaskan, namun ada beberapa keluhan terkait ketidakkenyamanan, untuk dapat ditindak lanjuti.

Kegiatan Monev Semester I Tahun  2019  lingkup LRMPHP diakhiri dengan pembahasan kegiatan manajerial oleh Evaluator dari Pusriskan dan Kepala LRMPHP. Tim evaluator menyampaikan apresiasinya atas hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan kegiatan manajerial Tahun Anggaran 2019.

Pada Monev Tahun 2019, LRMPHP memberikan penghargaan kepada pegawai yang berprestasi tahun 2019. Penghargaan ini sesuai dengan arahan Kepala BRSDM. Ada 3 penghargaan yang diberikan berdasarkan kriteria Indeks Profesionalitas ASN, Indeks H-Publikasi maupun Kinerja Anggaran 2019. Untuk Indeks Profesionalitas ASN (per 2 Des 2019 diberikan kepada Yustinus Jati Utomo, Indeks H-Publikasi kepada Arif Rahman Hakim, sedangkan Kinerja Anggaran 2019 terbaik diberikan kepada INTAN ALTIS-2 untuk riset dan tata usaha untuk manajerial. Dengan adanya penghargaan ini, Kepala LRMPHP berharap dapat memacu semangat para pegawai untuk berkinerja yang lebih baik lagi kedepannya.





Penghargaan kepada pegawai berprestasi tahun 2019

0 comments:

Posting Komentar