Selasa, 14 April 2020

Penggunaan Suhu Dingin Dalam Transportasi Ikan Gurami

Ikan Gurami (Foto : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Osphronemus_goramy_2008_G1.jpg)

Kebutuhan ikan hidup air tawar yang masih segar semakin hari semakin tinggi, salah satunya adalah gurami (Osphronemous gourami). Ikan ini lebih mahal dua hingga tiga kali lipat ketika dipasarkan dalam keadaan hidup. Oleh sebab itu memastikan gurami diterima konsumen dalam keadaan hidup memerlukan teknik transportasi yang baik. Teknik transportasi ikan gurami hidup yang biasa digunakan masyarakat adalah sistem basah menggunakan wadah blong atau drum plastik.

Upaya untuk meningkatkan kapasitas angkut telah dilakukan dengan mengurangi jumlah air yang digunakan dan/ atau meningkatkan jumlah ikan yang diangkut. Namun, pengurangan jumlah air dan/atau peningkatan jumlah ikan beresiko meningkatkan aktivitas fisik ikan selama transportasi yang menyebabkan peningkatan kerusakan fisik akibat gesekan antar ikan atau antara ikan dengan wadahnya. Ikan yang mengalami kerusakan fisik rentan terhadap serangan bakteri dan jamur sehingga ketahanan hidup ikan pasca transportasi rendah.

Salah satu cara untuk menurunkan aktifitas fisik ikan selama transportasi adalah dengan perlakuan suhu dingin. Berdasarkan hasil penelitian Syamdidi dkk mengenai studi sifat fisiologi ikan gurami, suhu rendah mampu menurunkan aktifitas fisik ikan gurami sehingga dengan perlakuan suhu dingin pada transportasi ikan gurami memungkinkan untuk dilakukan transportasi dalam durasi yang lebih lama dan ikan gurami tetap hidup hingga tangan konsumen. Namun demikian, kisaran suhu yang optimal harus diperhatikan untuk menjaga agar ikan tetap bertahan hidup hingga tangan konsumen.  Fase perubahan aktifitas ikan gurami pada kisaran suhu tertentu terlihat pada Tabel 1. dibawah ini.

Fase
Suhu ( °C)
Aktifitas gurami
1
29.2
Ikan masih bergerak aktif ke permukaan, masih responsif terhadap rangsang dari luar.
2
29.2 – 26.1
Ikan mulai hilang keseimbangan tetapi masih aktif bergerak, respon terhadap rangsang yang diberikan mulai berkurang, gerakan sirip dan operkulum mulai melemah serta ikan selalu bergerak mencari akses ke permukaan
3
26.1 – 23.6
Respon ikan terhadap rangsang masih baik meskipun sudah berkurang, gerakana operkulum lemah, mulai rebah di dasar dengan pergerakan yang melemah dan tidak teratur dan warna memucat.
4
23.6 – 21.1
Operkulum bergerak lemah, ikan rebah didasar, memberikan respon berenang ke atas saat diberi rangsang dari luar kemudian rebah lagi di dasar.
5
21.1 – 18.6
Ikan hanya memberikan respon berenang ke atas saat diberi rangsang dari luar kemudian rebah lagi di dasar dan warna punggun berwarna gelap. Upaya mendapatkan akses ke permukaan sudah banyak berkurang.
6
18.6 – 16.1
Gerakan ikan lemah, respon terhadap rangsang dari luar lemah, tubuh tidak dapat bergerak, hilang keseimbangan, sesekali keluar gelembung dari tutup insangnya.
7
16.1 – 13.6
Ikan rebah di dasar, tidak ada respon terhadap rangsang dari luar, keluar gelembung dari tutup insang dan bergerak-gerak sebelum akhirnya diam tak bergerak lagi.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka suhu dingin yang memungkinkan digunakan selama transportasi berkisar antara 16 - 23°C. Suhu air dibawah 16°C dapat menyebabkan terjadinya kematian sedangkan diatas 23°C, aktifitas fisik ikan gurami masih cukup tinggi. Akses ke permukaan selama transportasi cukup penting bagi ikan gurami, jadi sebaiknya wadah tidak ditutup.


Penulis : Iwan M. Al Wazzan, Peneliti LRMPHP

0 comments:

Posting Komentar