Rabu, 21 Desember 2022

LRMPHP Dukung Pengembangan Kampung Pramuka Bromonilan

LRMPHP dukung pengembangan Kampung Pramuka Bromonilan melalui pelatihan

Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan Bantul bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Saka Bahari mendukung pengembangan Rintisan Kampung Pramuka Bromonilan di Sleman. 

Kampung Pramuka Bromonilan merupakan salah satu rintisan kampung pramuka yang ditetapkan dengan SK Kwarcab Sleman No 30 Tahun 2021 tentang Rintisan Kampung Pramuka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sleman. 

Keberadaan kampung pramuka ini berawal dari kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan Saka Pariwisata Kwarcab Sleman guna memberikan semangat warga Padukuhan Bromonilan untuk mengatasi isu lingkungan bantaran sungai. Warga sekitar selanjutnya tergerak dan semakin termotivasi untuk mengoptimalkan potensi alam yang ada.

Di lokasi rintisan Kampung Pramuka Bromonilan ini, pada tanggal 20 Desember 2022 dilaksanakan tindak lanjut kaji terap budidaya ikan lele dan penanganan pasca panen dengan melibatkan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Saka Bahari Kwarda DIY, LRMPHP, pengelola desa wisata Kampung Pramuka Bromonilan, dan masyarakat setempat.

Agenda diawali dengan pembukaan dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY dan sambutan selamat datang oleh Dukuh Bromonilan. Materi yang disampaikan terkait kebijakan dinas untuk penguatan saka bahari dalam pengembangan kampung pramuka, sinergitas pramuka dengan masyarakat, serta peran dan dukungan saka pariwisata di Kampung Pramuka Bromonilan.

Dalam agenda tindak lanjut kaji terap ini disampaikan paparan beberapa materi yaitu Perbaikan Budidaya Ikan Lele dan Nila di Kampung Pramuka, Dinamika Kelompok dan Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar, serta Pemanfaatan Limbah Peternakan Sapi dan Daun Bambu Sebagai Pupuk Organik, Penanganan Pasca Panen (Praktik Pengolahan Ikan Lele) Generasi Sehat dan Cerdas Melaui Gerakan Ayo Makan Ikan.

Materi penanganan pasca panen diberikan oleh LRMPHP dalam bentuk pelatihan pembuatan tahu bakso dan ikan asap dengan bahan baku ikan lele. Kepala LRMPHP, Luthfi Assadad menyampaikan penguatan dalam pelatihan ini yakni penggunaan alsinkan dalam proses pengolahan produk.


0 comments:

Posting Komentar