Sabtu, 17 Juni 2023

Perwakilan LRMPHP Hadiri Rapat Koordinasi Kegiatan Saka Bahari DIY Tahun 2023

Perwakilan LRMPHP menghadiri rapat koordinasi kegiatan Saka Bahari Tahun 2023 di Dinas Kelautan dan Perikanan D.I. Yogyakarta, 16 Juni 2023. Kegiatan yang dihadiri seluruh anggota Saka Bahari DIY dibuka oleh Sekertaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi D.I. Yogyakarta, Fitrianto Noorcahyo. 

Dalam paparannya beliau menjelaskan hasil program dan kegiatan Saka Bahari DIY dari Dinas Kelautan dan Perikanan D.I. Yogyakarta yang telah berhasil dicapai sepanjang tahun 2022 dan rencana keseluruhan dari masing-masing satker yang telah dipaparkan pada pertemuan sebelumnya. Beberapa rencana kegiatan Saka Bahari 2023 dengan PIC dari DKP Provinsi D.I. Yogyakarta diantaranya rapat koordinasi dengan Pinsaka Daerah, kegiatan kolaborasi antar saka untuk pengembangan kampung pramuka di masing-masing kwarcab, karang Pamitan Nasional Tahun 2023, temu Saka daerah Kwarda DIY, pendampingan kegiatan internal Saka ditingkat daerah, penyegaran Mabisaka dan Pinsaka tingkat daerah Kwarda DIY berupa Giat Family Gathering Saka Bahari, Festival Pramuka Jogja di Bumi Perkemahan Babarsari, dan Gita Laut di Gunungkidul.


Pada kesempatan ini, seluruh anggota Saka Bahari yang hadir diminta kontribusi, ide, dan pendapatnya terkait rencana kegiatan tersebut. LRMPHP yang diwakili oleh Tri Nugroho Widianto dan Afris Syahada memberikan masukannya terkait kegiatan kolaborasi antar saka untuk pengembangan kampung pramuka di masing-masing Kwarcab. "Rencana kegiatan kolaborasi Ini merupakan peluang bagi Instruktur LRMPHP untuk melakukan pelatihan dengan materi kegiatan disesuaikan dengan yang dimiliki oleh LRMPHP Bantul, " jelasnya.

Kontribusi lainnya yang diusulkan LRMPHP yaitu dalam pelaksanaan pameran  dan juga pelatihan kegiatan untuk kegiatan Festival Pramuka Jogja dan Gita Laut. Alat-alat riset LRMPHP akan dibawa ke pameran disesuaikan dengan tema kegiatan pameran, sedangkan beberapa tema pelatihan yang  diusulkan oleh LRMPHP diantaranya pelatihan pembuatan nori dari rumput laut, pelatihan pengolahan produk hasil kelautan dan perikanan. Selain itu LRMPHP juga mengusulkan beberapa alat peraga pameran, seperti alat uji kesegaran ikan berbasis android, alat transportasi ikan hidup (ALTIH) dan alat transportasi ikan segar (ALTIS)

Fitrianto Noorcahyo sebagai pimpinan rapat mengharapkan kontribusi maksimal dari LRMPHP Bantul demi suksesnya kegiatan. Sebelum rapat koordinasi diakhiri, pimpinan rapat mengingatkan kembali updating kepengurusan Pinsaka dan Minsaka Saka Bahari Yogyakarta untuk mengantisipasi pegawai mutasi, pension dan promosi. Pada satker LRMPHP hingga Juni 2023, belum ada perubahan anggota kepengurusan di Pinsaka dan Minsaka tersebut sehingga tidak dimintakan nama baru.

0 comments:

Posting Komentar