Pengendalian Gratifikasi


Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan dibentuk dalam rangka optimalisasi upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi melalui gratifikasi di lingkungan Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP), serta melaksanakan ketentuan dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 44/PERMEN-KP/2017 tentang Pedoman Teknis Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

UPG LRMPHP mempunyai tugas:

  • Melakukan pencatatan terhadap laporan gratifikasi yang diterima, selanjutnya dikirimkan kepada UPG KKP paling lambat 5 (lima) hari kerja.
  • Mencantumkan larangan pemberian/penerimaan gratifikasi yang tidak sesuai dengan ketentuan pada setiap penugasan dan pengumuman dalam proses pengadaan barang/jasa.
  • Memasang larangan pemberian/penerimaan gratifikasi yang tidak sesuai dengan ketentuan pada tempat yang memberikan pelayanan publik.
  • Membuat surat edaran larangan pemberian/penerimaan gratifikasi yang tidak sesuai dengan ketentuan pada hari raya keagamaan.
  • Melakukan sosialisasi secara berkala kepada seluruh pegawai di lingkungan unit kerja masing-masing, Mitra Kerja, Pihak Ketiga, dan pihak lainnya mengenai pengendalian gratifikasi.
  • Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap laporan gratifikasi yang disampaikan pelapor dari unit kerjanya ke UPG KKP, terbatas pada jumlah dan substansi yang dilaporkan, dengan berkoordinasi dengan UPG KKP.

Untuk pelaporan tindak gratifikasi bersifat terpusat sehingga UPG LRMPHP bersifat meneruskan informasi. Penyampaian laporan gratifikasi langsung ke UPG KKP melalui alamat berikut: http://upg.kkp.go.id/