Senin, 03 Desember 2018

Ka. LRMPHP Hadiri Launching Kampung Nila di Sleman

Ka LRMPHP menyampaikan sambutan 
Kepala Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP), Luthfi Assadatd, M.Sc mewakili Pusat Riset Perikanan (Pusriskan)  menghadiri kegiatan pencanangan Kampung Nila di Pokdakan Mino Ngremboko, Bogesan, Kabupaten Sleman pada kamis (29/11). Dalam sambutannya, Kepala LRMPHP menyampaikan apresiasinya atas pencanangan kampung Bokesan sebagai Kampung Nila. Berbagai lini di lingkup BRSDM, khususnya di Pusriskan dan LRMPHP siap untuk memberikan dukungan teknologi agar pencanangan Kampung Nila ini mencapai harapan semua pihak.

Ka LRMPHP menghadiri launghing Kampung Nila
Kampung Nila Bokesan pada awal tahun 1970-1980an merupakan daerah yang tandus, namun dengan adanya aliran irigasi yang diinisiasi pada saat itu, membuka celah untuk usaha perikanan berupa pembudidayaan ikan air tawar, baik berupa lele dan nila oleh masyarakat baik secara individu maupun berkelompok.

Kelompok Pembudidaya Ikan (KPI) Mino Ngremboko sebagai salah satu KPI di Bokesan merupakan kelompok yang aktif bergerak khususnya pada budidaya dan pembibitan ikan nila. Dari waktu ke waktu, berbagai penghargaan diraih oleh KPI Mino Ngremboko, seperti pengakuan sebagai pelaku usaha perikanan level Madya dari pemerintah, serta penetapan KPI Mino Ngremboko sebagai Pusat Pelatihan Masyarakat Kelautan dan Perikanan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (P2MKP). Dengan berbagai modal tersebut, KPI Mino Ngremboko bergerak lebih jauh lagi dengan mengembangkan usaha wisata dan kuliner bidang perikanan.

Atas dasar hal tersebut maka Kampung Bogesan dicanangkan sebagai Kampung Nila di Kabupaten Sleman. Pencanangan Dusun Bokesan sebagai Kampung Nila ditandai dengan penyerahan miniatur kampung nila oleh Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Sleman, (Ir. Heru Saptono, MM) kepada Camat Ngemplak (Dra. S. WahyuPurwaningsih). Pada kesempatan tersebut, Kepala DP3 juga membacakan sambutan tertulis Bupati Sleman yang menyampaikan perlunya aspek perikanan yang dikaitkan dengan aspek pariwisata pada pencanangan Kampung Nila ini, sehingga kedepannya akan lebih terintegrasi antara sektor perikanan dengan pariwisata. Diharapkan kesejahteraan tidak hanya dirasakan bagi masyarakat yang berkecimpung di usaha perikanan semata, namun dampaknya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Selain pencanangan kampung nila di Dusun Bokesan, juga dicanangkan teknologi budidaya ikan Sibudidikucir yaitu Sistem Budidaya Ikan Nila dengan Sentuhan Teknologi Kincir Air di Dusun Karang, Ngemplak, Sleman. Teknologi Sibudidikucir tersebut diklaim dapat mengurangi kebutuhan air selama budidaya nila dan dapat meningkatkan produktivitas.

0 comments:

Posting Komentar