Kamis, 23 November 2023

HARKANNAS 2023 : LRMPHP Gelar Pelatihan Pengolahan Produk Perikanan

Dalam rangka menyemarakkan Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2023 dan menggelorakan semangat "Ikan Untuk Generasi Emas" kepada generasi muda, Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) Bantul menyelenggarakan Pelatihan Pengolahan Produk Perikanan kepada para pelajar/siswa menengah atas (SMA) yang berada di lingkungan Kantor LRMPHP,  22 November 2023.

Melalui Harkannas ini, LRMPHP berkomitmen membagi pengalamannya dalam diversifikasi dan modifikasi produk olahan hasil perikanan kepada generasi muda. Diversifikasi olahan hasil perikanan tersebut berupa sosis - cornfish dan odeng dari ikan lele. Melalui kegiatan ini diharapkan membuka wawasan bagi generasi muda tentang pentingnya mengkonsumsi ikan dan diversifikasi produk olahan ikan. Generasi muda perlu dikenalkan bahwa produk olahan ikan tidak hanya sebatas digoreng ataupun dibakar saja, namun dapat diolah menjadi produk yang lebih menarik dan dikemas kekinian mengikuti selera konsumen. 

Semarak Harkannas di LRMPHP sekaligus sebagai media dalam pengenalan teknologi alat mesin perikanan hasil inovasi LRMPHP. Salah satu alat yang dikenalkan dalam mendukung pelatihan ini yaitu alat pengisi adonan sistem handel (Alpindel). Alat ini mempermudah pengolah dalam mengisi adonan ke dalam olahan produk perikanan seperti tahu bakso dan sosis ikan. 

Kegiatan pelatihan di Kantor LRMPHP ini dihadiri oleh Kepala LRMPHP, Kepala SMAN 1 Jetis, siswa SMAN 1 Jetis Bantul sebanyak 22 orang sebagai peserta pelatihan, 3 guru pendamping siswa, instruktur/pegawai LRMPHP serta siswa magang dari SMKN 1 Temanggung yang ikut membantu pelaksanaan pelatihan. 

Kepala LRMPHP Kartika Winta Apriliany dalam sambutannya menyampaikan pentingnya mengkonsumsi ikan dan produk olahannya sebagai salah satu sumber nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan otak sehingga tercipta generasi emas yang sehat, kuat dan cerdas. Kepala LRMPHP juga mengucapkan terimakasih kepada SMAN 1 Jetis Bantul atas kolaborasi ini dan berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran generasi muda dalam mengkonsumsi ikan secara berkelanjutan.

Senada dengan Kepala LRMPHP, Kepala SMAN 1 Jetis Sumarno berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan karena mendukung impelementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kurikulum merdeka belajar khususnya materi kewirausahaan/ enterpreneurship bagi siswa. 

Dengan antusias dan bersemangat, para peserta pelatihan mengikuti pemaparan yang disampaikan instruktur baik teori maupun praktik secara langsung di Lab. Pengolahan LRMPHP. Para peserta pelatihan mengikuti setiap tahapan pembuatan sosis - cornfish dan odeng lele sesuai prosedur yang diajarkan meliputi penggilingan fillet ikan lele serta penambahan bumbu, pengistirahatan adonan, pengisian selongsong sosis, pengukusan hingga matang serta penggorengan. Pembuatan sosis ini menggunakan Alpindel yaitu alat pengisi adonan ke dalam selonsong casing collagen sosis dengan memanfaatkan tuas manual tanpa energi listrik. 

Salah satu guru pendamping, Ibu Yuni menyampaikan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi siswa dalam menambah pengetahuan dan ketrampilan terutama pengolahan ikan. “Anak-anak kami selain  mendapatkan aspek kognitif juga psikomotor secara langsung, "jelasnya. Ibu Yuni juga menambahkan bahwa kegiatan ini sangat signifikan dan sinkron dengan kegiatan pembelajaran di sekolah terutama kegiatan P5 kurikulum merdeka, dimana siswa yang aktif dan menggali inforrmasi dari lingkungan sekitar.

Sementara itu salah satu siswa peserta pelatihan, Jihan merasa senang dan antusias karena mendapat pengalaman baru pelatihan pengolahan ikan.  “Kegiatan ini sangat seru soalnya materi pelatihan yang diajarkan kekinian dan hasilnya lezat, enak dan gurih, “ jelasnya.


0 comments:

Posting Komentar