Rabu, 15 November 2023

Pelatihan Diversifikasi Olahan Produk Perikanan di Kapanewon Sanden

LRMPHP berkolaborasi dengan Kapanewon Sanden Bantul menyelenggarakan pelatihan diversifikasi olahan produk perikanan, 14 November 2023. Pelatihan ini dalam rangka pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pelatihan diversifikasi olahan produk perikanan dengan bahan baku lokal. Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini sekaligus implementasi aksi perubahan Panewu Anom Kapanewon Sanden. 

Pelatihan dibuka secara langsung oleh Panewu Sanden Deni Ngajis Hartono di Limasan Paboletus Dusun Ngunan-Unan Srigading, Sanden. Hadir dalam kegiatan ini Panewu Sanden beserta jajarannya, Lurah Srigading, Kepala Dusun Ngunan-Unan, Penyuluh Perikanan Sanden, LRMPHP, dan peserta pelatihan dari Dusun Ngunan-Unan sebanyak 20 orang. Para peserta pelatihan dibimbing oleh instruktur LRMPHP yaitu Tri Nugroho Widianto, Koko Kurniawan, dan Wahyu Tri Handoyo, dibantu para siswa magang SMKN 1 Temanggung. 

Dalam sambutannya, Panewu Sanden mengucapkan terimakasih kepada LRMPHP atas dukungannya pada kegiatan ini dan berharap kemitraan dapat terus dilanjutkan melalui pelatihan pengolahan produk perikanan. Panewu Sanden juga berharap kegiatan ini dapat dijadikan momentum bagi masyarakat Ngunan-Unan dalam meningkatkan pendapatan keluarga melalui diversifikasi olahan produk lele sebagai nilai tambah (added value).

Dengan antusias dan bersemangat, para peserta pelatihan mengikuti pemaparan yang disampaikan instruktur baik teori maupun praktik secara langsung di lokasi pelatihan. Materi pelatihan berupa pembuatan odeng dan abon dengan bahan baku ikan lele hasil budidaya masyarakat setempat. Pembuatan odeng ikan lele diawali dengan filleting ikan dilanjutkan cara mengolahnya dan membentuknya menjadi lembaran tipis. Sedangkan pada pembuatan abon ikan lele, ditambahkan nangka muda/gori/tewel. Penambahan nangka muda ini merupakan salah satu inovasi karena nangka muda banyak ditemukan di Dusun Ngunan-Unan, namun selama ini pemanfaatannya terbatas hanya untuk diolah menjadi sayur gudeg saja. 

Salah satu peserta pelatihan, Ibu Supriyanti mengucapkan terima kasih kepada LRMPHP dan menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini karena mendapat ilmu baru dalam diversifikasi olahan ikan lele. Harapannya kegiatan pengolahan produk perikanan ini dapat terus diselenggarakan secara berkelanjutan dengan materi olahan produk perikanan yang berbeda.


0 comments:

Posting Komentar