Rabu, 29 November 2023

LRMPHP Beri Pelatihan Pembuatan ALTIS di Dislautkan DIY


Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan menjadi narasumber pada kegiatan Pembinaan Mutu Hasil Perikanan yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) D.I..Yogyakarta, di Ruang Cakalang, 28 November 2023. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan mengenai cara penanganan ikan yang baik bagi para pelaku usaha olahan perikanan, pedagang ikan segar dan pembudidaya ikan dari 5 kabupaten/kota di DIY.

Pada kesempatan ini, LRMPHP diwakili oleh 3 instruktur yaitu Tri Nugroho W, Wahyu Tri Handoyo dan Koko Kurniawan yang membawakan materi Pelatihan Pembuatan Alat Transportasi Ikan Segar (ALTIS). ALTIS merupakan hasil inovasi LRMPHP berupa sarana transportasi berpendingin untuk membawa dan mendistribusikan ikan segar oleh pedagang ikan keliling. ALTIS ini telah diuji terap dibeberapa daerah di Indonesia dan mendapat sambutan positib dari pengguna karena praktis, higienis dan ikan yang dijual tetap segar.  

Pelatihan dari LRMPHP diisi dengan pemaparan teknis pembuatan ALTIS, diawali dengan membuat casting/cetakan dari bahan polyuretan dilanjutkan merangkai komponen pendingin ALTIS. Para peserta pelatihan terlihat sangat antusias dalam mengikuti setiap arahan dari instruktur karena selain mendapat pengetahuan baru, para peserta juga diajak secara langsung praktek pembuatan ALTIS.

Selain narasumber dari LRMPHP, pada rangkaian kegiatan pembinaan mutu hasil perikanan juga menghadirkan narasumber lainnya dari Dislautkan DIY yang menyampaikan materi Kebijakan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, dari SKIPM Yogyakarta tentang Teknis Penerapan Sanitasi dan Higiene dalam Menjaga Mutu Hasil Perikanan, dan dari CV. Fania Food Yogyakarta dengan materi Penerapan Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan.


0 comments:

Posting Komentar