Kamis, 08 Februari 2018

Pembahasan Bersama Rencana Kerja LRMPHP Tahun 2018

Pembahasan rencana kerja LRMPHP TA 2018
Pelaksanaan pembahasan rencana kerja LRMPHP tahun 2018 telah dilakukan pada 7 Februari 2018 di Ruang Aula LRMPHP. Kegiatan pembahasan dalam rangka penajaman rencana kerja ini dihadiri oleh Kepala LRMPHP, Perwakilan Puriskan Jakarta (Budi Nugraha, M.Si), narasumber (Dr Suwarman Partosuwiryo) dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Evaluator Senny Helmiati, M.Sc dari Jurusan Perikanan UGM dan Dr Ir Nursigit Bintoro, M.Sc dari  Fakultas Teknologi Pertanian UGM serta seluruh pegawai LRMPHP.

Dalam sambutannya, Kepala LRMPHP memaparkan rencana kegiatan kerja tahun 2018 dan SDM yang dimiiliki saat ini. Kegiatan LRMPHP tahun 2018 meliputi kegiatan riset 1 judul yaitu tentang Mesin Pembuat Pakan Ikan Skala UKM dan kegiatan manajerial meliputi tata usaha, tata operasional dan pelayanan teknis. Sementara itu, perwakilan dari Puriskan Jakarta menyampaikan apresiasinya terhadap hasil riset LRMPHP yang dapat diaplikasikan langsung ke stake holder. Hasil riset yang ada disarankan untuk segera dilakukan pendaftaran patennya.

Pemaparan kegiatan riset dan manajerial LRMPHP
Pada pemaparan kegiatan riset tahun 2018, beberapa masukan dan saran diberikan oleh para evaluator. Kegiatan riset ini sangat strategis untuk mendukung pakan ikan mandiri, sehingga diharapkan hasil riset bisa bermanfaat untuk masyarakat. Beberapa hal penting yang menjadi masukan diantaranya kemudahan dan kontinyuitas bahan baku pakan ikan serta spesifikasi peralatan pembuat pakan ikan agar disesuaikan dengan kebutuhan stake holder. Pada kesempatan ini juga dipaparkan tentang Pembuatan Pakan Ikan Mandiri di DIY dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. Dalam paparannya dijelaskan beberapa formulasi dalam pembuatan pakan ikan. Kendala yang ada saat ini adalah sulitnya mendapatkan bakan baku pakan ikan terutama di DIY sehingga harus dicarikan alternatif lain.

Pembahasan rencana kerja LRMPHP tahun 2018 diakhiri dengan paparan dan pembahasan kegiatan tata usaha, tata operasional dan pelayanan teknis. Kepala LRMPHP berharap kegiatan manajerial ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan target kegiatan tahun 2018.

0 comments:

Posting Komentar