Rabu, 07 Februari 2018

Kunjungan ilmiah Tim UMG Myanmar ke LRMPHP

Kunjungan Tim UMG ke LRMPHP (dok. LRMPHP)
Tim dari UMG Myanmar melakukan kunjungan dan diskusi ke Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) Bantul, DI Yogyakarta pada tanggal 5 Februari 2018. UMG merupakan suatu grup perusahaan yang berkantor pusat di Yangon, Myanmar dan bergerak di antaranya di bidang distribusi, sumberdaya alam, makanan, telekomunikasi dan informatika. Kunjungan dimaksudkan untuk penjajakan kerjasama terkait dengan peralatan yang telah dikembangkan dan dihasilkan oleh LRMPHP.
Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala LRMPHP, Luthfi Assadad, M.Sc.,  Koordinator Riset LRMPHP beserta Tim Pelayanan Teknis. Diskusi diawali dengan pemaparan oleh kepala LRMPHP terkait tentang profil, tupoksi dan  hasil-hasil riset yang telah dikembangkan oleh LRMPHP.

Paparan oleh kepala LRMPHP dan diskusi terkait kerjasama (dok. LRMPHP)
Dalam diskusi tersebut Tim dari PT UMG Myanmar juga menyampaikan bahwa tujuan kunjungan dilakukan dalam rangka penjajakan kerja sama dengan LRMPHP dalam mengembangkan peralatan dibidang perikanan. PT UMG Myanmar mengembangkan bidang pertanian (AGRITEC), perikanan (FISHTEC) dan peternakan. Program FISHTEC dalam bidang perikanan diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan yang akan difokuskan pada pengembangan knowledge. Pengembangan knowledge merupakan teknologi yang bisa menjembatani antara buyer dan supplier terkait dengan jual beli ikan melalui aplikasi online berbasis android
Beberapa peralatan perikanan yang sudah dikembangkan oleh PT UMG diantaranya adalah Pancing Cumi Otomatis dan Alat Penghitung Benur Udang yang sudah mendekati real time. PT UMG tertarik dengan hasil riset LRMPHP yang dianggap potensial untuk dikembangkan diantaranya adalah Meat Bone Separator (alat pemisah daging dan tulang ikan), Cold Storage Mobile (ALTIS-2), Alat Deteksi Uji Kesegaran Ikan dan Mini Cold Storage di Kapal menggunakan sistem Refigerated Sea Water (RSW). Tim UMG berharap dapat melakukan kerja sama dengan LRMPHP untuk mengembangkan salah satu hasil litbang LRMPHP. Langkah selanjutnya akan ditindak lanjut oleh LRMPHP melalui Biro Kerja Sama Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk melihat apakah sudah ada payung hukum untuk kerja sama tersebut.


0 comments:

Posting Komentar