Rabu, 16 Februari 2022

Sosialisasi ALPINDEL pada Sharing Session

Peneliti LRMPHP,  I Made Susi Erawan, M.Sc presentasikan  ALPINDEL 

Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan sosialisasikan hasil riset teknologi alat pengisi adonan fish jelly dengan sistem handel (ALPINDEL). Sosialisasi dengan tema “Teknologi ALPINDEL untuk Produksi Tahu Tuna yang Sehat, Aman, dan Bergizi” disampaikan oleh peneliti LRMPHP, I Made Susi Erawan, M.Sc pada acara Sharing Session BRSDMTV, 16 Februari 2022. Acara ini ditayangkan dari studio LRMPHP secara live streaming melalui link https://www.youtube.com/watch?v=H-TCWzAjIqs. 

Dalam paparannya, I Made Susi Erawan, M.Sc  menyampaikan ALPINDEL merupakan alat pengisi adonan sistem handel yang digunakan untuk membantu pengisian adonan produk fish jelly. Prinsip kerja alat ini dengan menggunakan piston sebagai pendorong untuk mengeluarkan adonan melalui outlet pada tabung adonan. “ALPINDEL ini terbuat dari material food grade dengan kecepatan pengisian adonan hingga 8 - 10 detik/tahu, sehingga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi produksi dan mutu produk akhir yang dihasilkan, “ tambahnya.

Apresiasi terhadap ALPINDEL ini disampaikan langsung oleh stakeholder melalui uji terap skala terbatas yang melibatkan 7 kelompok pengolah dan pemasar (Poklahsar) di Kabupaten Bantul, Gunung Kidul dan Pacitan. Menurutnya, selain alat ini praktis dan nyaman digunakan, instalasi serta perawatannya juga cukup mudah.


0 comments:

Posting Komentar