Sabtu, 15 Juli 2023

GITA LAUT 2023, LRMPHP Hadirkan ALTIH dan UKI

Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan ikut menyemarakkan acara Gita Laut (Gerakan Cinta Laut) Tahun 2023 yang diselenggarkan Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta di Pantai Ngandong Tepus Gunungkidul, 15 Juli 2023. Gita Laut tahun 2023 merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan melalui Dana Keistimewaan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. Tahun ini acara gita laut mengambil tema “Sampah Plastik Tiada, Ekosistem Terjaga”, yang diikuti 1000 orang peserta lebih dari berbagai elemen masyarakat mulai dari pemerintah, masyarakat nelayan, pelaku usaha perikanan, siswa-siswi SMK Kelautan dan Perikanan dan lainnya. 

Gita Laut tahun 2023 dibuka oleh  Wakil Gubernur DIY, KGPPA Paku Alam X yang pada kesempatan kali ini diwakilkan oleh Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Tri Saktiyana. Dalam sambutannya, disampaikan bagaimana memaknai gita laut sebagai upaya menghidupkan nilai-nilai kearifan lokal dalam menjaga kondisi perairan kita, terutama dari sampah plastik yang dapat memicu gangguan kesehatan. Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Bayu Mukti Sasongko yang menyampaikan, Gerakan Cinta Laut sebagai upaya untuk menumbuhkan kecintaan budaya bahari sebagai jati diri bangsa maritim.

Terdapat beberapa rangkaian acara pada Gita Laut tahun 2023, diawali bersih pantai di 5 lokasi pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul, yaitu Pantai Ngandong, Pantai Sundak, Pantai Krakal, Pantai Slili, dan juga Pantai Sadranan. Kegiatan lainnya berupa pameran dan penyerahan hibah secara simbolis kepada kelompok masyarakat kelautan dan perikanan yang ada di DIY. Pameran dalam rangka Gita Laut ini diikuti oleh instansi pemerintah, swasta dan UMKM pelaku usaha kelautan dan perikanan DIY.

Pameran dalam rangka Gita Laut 2023, LRMPHP menghadirkan mobil ALTIH dan alat UKI. ALTIH merupakan alat transportasi ikan hidup yang didesain untuk memudahkan dan mempertahankan kualitas ikan hidup selama transportasi, serta dapat diaplikasikan untuk membantu kegiatan transportasi ikan hidup dalam jumlah yang padat. Alat ini dapat meminimalkan stress ikan selama transportasi dengan menambahkan filtrasi untuk menjaga kualitas air tetap baik. Selain itu terdapat sistem kontrol kualitas air yang dapat memantau kondisi kualitas air secara realtime sehingga dapat segera dilakukan tindakan  apabila kualitas air tidak sesuai standar yang telah ditentukan. Sementara itu, Sementara itu, UKI adalah peralatan uji kesegaran ikan (UKI) berbasis android. Prinsip kerja alat ini adalah pendeteksian bau ikan menggunakan sensor ammonia dan citra mata ikan menggunakan kamera. Keunggulan alat uji ini selain bersifat non-destruktif (tidak merusak bahan), pengujiannya juga cepat dan dapat mengetahui kesegaran ikan secara real time. 

Selama pameran, booth LRMPHP mendapat kunjungan baik akademisi, instansi maupun masyarakat umum. Pada umumnya mereka mengapresiasi booth pameran yang disajikan LRMPHP. Beberapa pengunjung bahkan tertarik peralatan hasil inovasi LRMPHP seperti prinsip kerja alat, kegunaan, harga dan spesifikasinya.  Partisipasi LRMPHP dan berbagai elemen masyarakat dalam acara Gita Laut tahun 2023 ini merupakan wujud nyata gerakan cinta laut masyarakat DIY.

0 comments:

Posting Komentar