Senin, 17 Juli 2023

LRMPHP Semarakkan Festival Pramuka Jogja 2023

Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan Bantul berpartisipasi pada Festival Pramuka Jogja (FPJ) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY), 15-16 Juli 2022 di Kompleks Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna Babarsari, Sleman, Yogyakarta.

Festival Pramuka Jogja merupakan kegiatan kolaborasi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta dengan berbagai pihak/mitra Gerakan Pramuka baik dari instansi pemerintahan, swasta, komunitas, organisasi, dan juga masyarakat secara langsung. Dengan mengusung tema Green and Circular Economy, FPJ 2023 diharapkan mampu mengembangkan sinergi antar berbagai pihak menuju Industri 4.0 dan mewujudkan masyarakat/society 5.0 dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Dalam sambutan pembukaannya, GKR Mangkubumi menyampaikan bahwa kolaborasi dengan masyarakat menjadi salah satu program gerakan pramuka dalam mendampingi masyarakat untuk maju. FPJ 2023 menyuguhkan rangkaian kegiatan seperti pameran UMKM, bazaar, pasar murah, pameran saka, pentas seni budaya, lomba-lomba, donor darah, pemeriksaan kesehatan gigi dan umum, konferensi pramuka, dan lain-lain.

Pada kesempatan ini, LRMPHP mengikuti kegiatan pameran hasil inovasi dan pelatihan olahan produk perikanan. Hasil inovasi yang disajikan dalam pameran yaitu alat Alpindel dan Altis. Alpindel merupakan alat pengisi adonan sistem handel untuk membantu pengisian adonan produk fish jelly yang sehat, aman, dan bergizi karena terbuat dari material food grade, sedangkan Altis merupakan alat transportasi ikan segar yang didesain agar ikan yang dijual oleh pedagang ikan keliling tetap segar selama dipakai berjualan. 


0 comments:

Posting Komentar