Selasa, 11 Juli 2023

Sukoharjo Expo 2023, LRMPHP Publikasikan Program Prioritas KKP


Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) turut berpartisipasi pada Pameran Sukoharjo Expo Tahun 2023 di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GPPPD) Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, tanggal 6-10 Juli 2023. Partisipasi LRMPHP dalam kegiatan ini sekaligus menindaklanjuti surat dari BRSDM No. B.3399/BRSD.1/HM.310/VI/2023 tanggal 19 Juni 2023 tentang  undangan Sukoharjo Expo Tahun 2023, untuk mempublikasikan program prioritas KKP dan program terobosan BRSDM. 

Sukoharjo Expo Tahun 2023 merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukoharjo ke-77 Tahun 2023 dengan mengangkat tema “Ekonomi Kerakyatan, Penggerak Kejayaan Ekonomi Nasional”. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, dengan menghadirkan berbagai rangkaian kegiatan mulai pameran nasional, bazar, gelar seni, lokakarya, dan lainnya. Dalam sambutannya, Bupati Sukoharjo berharap agar kegiatan Sukoharjo Expo 2023 ini dapat menjadi agenda tahunan untuk memperkuat kolaborasi antara inovator industri kreatif, pemerintah dan masyarakat.

Pameran Sukoharjo Expo 2023 diikuti 101 booth dari  OPD/ instansi provinsi, kabupaten, kota, kementerian terkait, BUMN/BUMD, swasta dan perguruan tinggi serta wirausaha dan star up. Berbagai produk disajikan dibidang industri, perdagangan, bisnis, investasi, pelayanan publik, pariwisata, UMKM/ ekonomi kreatif, pertanian, kesehatan, pendidikan, manufaktur, hasil riset maupun perguruan tinggi. 

Dalam pameran ini, LRMPHP menyajikan alat pengisi adonan sistem handel (alpindel) dan hasil inovasi lainnya dalam bentuk leaflet, brosur, banner maupun video. Alpindel merupakan alat pengisi adonan sistem handel yang digunakan untuk membantu pengisian adonan produk fish jelly. Prinsip kerja alat ini dengan menggunakan piston sebagai pendorong untuk mengeluarkan adonan melalui outlet pada tabung adonan. Alpindel ini terbuat dari material food grade  sehingga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi produksi dan mutu produk akhir yang dihasilkan.

Selain alpindel, LRMPHP juga mempublikasikan program prioritas KKP dan program terobosan BRSDM dalam bentuk backdrop dan video. Program terobosan tersebut berupa VOGA (Vocational Goes to Actors) dan Smart Fisheries Village (SFV) sebagai upaya mengawal implementasi program prioritas KKP berbasis ekonomi biru. VOGA terlaksana melalui transformasi pendidikan vokasi dengan pembentukan Ocean Institute of Indonesia (OII), dan revitalisasi pelatihan dan sertifikasi serta optimalisasi peran penting penyuluh. Sedangkan SFV merupakan konsep pembangunan desa perikanan berbasis teknologi informasi dan manajemen tepat guna. 

Selama pameran, booth LRMPHP mendapat kunjungan baik akademisi, instansi maupun masyarakat umum. Pada umumnya mereka mengapresiasi booth pameran yang disajikan LRMPHP. Beberapa pengunjung bahkan tertarik dengan program prioritas KKP serta menanyakan peralatan hasil inovasi LRMPHP seperti prinsip kerja alat, kegunaan, harga dan spesifikasinya. 


0 comments:

Posting Komentar