Senin, 05 November 2018

Peneliti LRMPHP Mengikuti Seminar Internasional ICTCRED

Pelaksanaan Seminar Internasional ICTCRED (dok. LRMPHP)
Seminar Internasional The 4th International Conference on Tropical and Coastal Region Eco-Development (ICTCRED) 2018merupakan agenda seminar tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro. Seminar ini bertujuan untuk mewadahi pertemuan para peneliti bidang perikanan dan kelautan, pelaku usaha perikanan, pemerintah (pengambil kebijakan) dan seluruh stakeholder bidang perikanan dan kelautan untuk membahas capaian hasil penelitian yang telah dilakukan. Pertemuan seminar tersebut merupakan wahana untuk saling bertukar informasi terkait hasil penelitian perikanan dan kelautan terkini, dari seluruh pelosok tanah air atau bahkan dari luar negeri, sebagai upaya dalam mendukung pembangunan perikanan dan kelautan Indonesia dengan memberikan masukan kepada pemerintah dalam bentuk diseminasi dan atau penerapan hasil-hasil penelitian dalam masyarakat. Seminar didukung oleh para ilmuwan dan cendekiawan terkemuka yang berfungsi sebagai komite ilmiah dan peninjau yang membantu mempertahankan standar publikasi teknis.

Seminar “The 4th International Conference on Tropical and Coastal Region Eco-Development (ICTCRED) 2018 dilaksanakan pada tanggal 30 – 31 Oktober 2018 di Patra Hotel & Convention Semarang. Peserta seminar sekitar 150 makalah dari peserta internasional yang disajikan. Kegiatan seminar meliputi Laporan Ketua Panitia Penyelenggara, Pembukaan oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, dilanjutkan Plenary Session dan Parallel Session. Ruang lingkup makalah penelitian dikategorikan menjadi dua diantaranya Coastal Region Eco-Development dan Tropical Life Sciences.
Pembukaan Seminar ICTCRED (dok LRMPHP)
Coastal Region Eco-Development terdiri dari bidang Aquaculture, Fisheries, Coastal Management and Social Economics, Marine Product Processing, Biotechnology, Coastal Engineering, Climate Change dan Disaster Mitigation and Rehabilitation. Sedangkan untuk ruang lingkup Tropical Life Sciences terdiri dari Coastal Public Health and Policy, Epidemiology, Food Nutrition and Health, Medical Microbiology, Molecular Biology, Pharmacological Aspect and Treatment dan Tropical Diseases.
Penyampaian materi oleh salah satu pembicara kunci (dok LRMPHP)
Plenary Session berupa pemberian materi oleh lima keynote speaker dan dilanjutkan sesi diskusi. Keynote speaker pada seminar ICTCRED yaitu Prof. Dr. Ocky Karna Rajasa dari Ministry of Research Technology and Higher education Indonesia yang menyampaikan materi tentang Biotechnology. Dr. Eleonor A. Tendecia dari Southeast Asian Fisheries Development Center – Filipina yang menyampaikan materi tentang Ecosystem approach toward sustainable aquaculture. Prof. Dr. Kazuo Nadaoka dari Tokyo Institute of Technology – Japan dengan materi Integrated Coastal Ecosystem Dynamics Modelling For Coral Triangle Areas Under Changing Environmental Conditions. Prof. Dr. Yasuhiro Igarashi dari Toyama Prefectuarai University – Japan dengan materi Natural Product. Dan Prof. Dr. Irwandi Jaswir dari Internatioanl Islami University – Malaysia yang memaparkan materi tentang Food Process Engineering.

Setelah itu, dilanjutkan dengan parallel session melalui panel schedule yang dibagi menjadi 6 grup yaitu Aquaculture, Climate Change, Coastal Engineering, Coastal Management and Social Economics, Coastal Management and Social Economics, Coastal Management and Social Economics, Disaster Management, Marine Products Processing, Fisheries, Biotechnology, Medical Microbiology, Molecular Biology, Coastal Public Health and Policy, Epidemiology, Food Nutrition and Health, Pharmacological Aspects and Treatment, Tropical Diseases.

0 comments:

Posting Komentar