Kamis, 25 Oktober 2018

Diseminasi Hasil Riset Tentang Optimasi Mesin Pakan Ikan Sistem Dry Extruder di LRMPHP

Diseminasi hasil riset optimasi mesin pakan ikan (dok.LRMPHP)
Dalam rangka penyebarluasan dan pemanfaatan hasil riset Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP), telah diselenggarakan kegiatan “Diseminasi Hasil Riset Tentang Optimasi Mesin Pakan Ikan Sistem Dry Extruder” pada (24/10) di LRMPHP. Kegiatan diseminasi dihadiri tamu undangan dari Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (DPPKP Bantul), Penyuluh Perikanan Bantul, Kelompok Pembudidaya (Pokdakan) Ikan Minasari Boyolali, Pokdakan Mino Mulyo Bantul, Pusat Riset Perikanan (Puriskan) Jakarta dan seluruh pegawai LRMPHP.

Kegiatan diseminasi dibuka olah Kepala LRMPHP, Luthfi Assadad, M.Sc dan dilanjutkan pengarahan oleh Budi Nugraha,  MSi selaku Kabid Riset Pemulihan SD dan Teknologi Alsinkan Puriskan. Dalam arahannya, Budi Nugraha,  MSi menjelaskan tentang mesin pakan ikan yang diperbantukan kepada masyarakat umumnya belum dikaji mendalam secara ilmiah sehingga pemanfaatanya kurang optimal. Bantuan pemerintah tersebut diberikan kepada pembudidaya ikan berupa mesin pembuat pakan ikan dan bahan baku pakan ikan melalui Gerakan Pakan Ikan Mandiri (Gerpari). Harapannya peralatan yang bermasalah dan kurang optimal dapat dilakukan perbaikan seperti yang dilakukan oleh LRMPHP sehingga dapat dimanfaatkan lagi. 

Pembukaan dan arahan kegiatan diseminasi (dok.LRMPHP)
Pelaksanaan diseminasi hasil riset “Optimasi Mesin Pakan Ikan Sistem Dry Extruder” dipaparkan oleh peneliti LRMPHP,  Arif Rahman Hakim, M.Eng. Dalam paparannya dijelaskan bahwa seiring peningkatan produksi perikanan nasional maka kebutuhan akan pakan ikan juga meningkat. Oleh karena itu mesin pembuat pakan ikan dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pemakai menjadi sangat penting. Untuk mendukung hal tersebut, LRMPHP melakukan Penelitian Mesin Pembuat Pakan Ikan Skala UKM.

Pemaparan hasil riset tentang optimasi mesin pakan ikan membuat para tamu undangan  antusias untuk mengajukan beberapa pertanyaan diantaranya terkait kadar protein pakan ikan yang dihasilkan, harga mesin pakan ikan bila dikomersialisasi dan kemungkinan LRMPHP sebagai konsultan dan pendamping terhadap peralatan bantuan pemerintah di pokdakan yang mengalami kendala.

Paparan optimasi mesin pakan ikan oleh peneliti LRMPHP (dok.LRMPHP) 
Sesi tanya jawab dan diskusi yang dipandu moderator (dok.LRMPHP)
Selain pemaparan dan diskusi juga dilakukan demo/peragaan mesin pakan ikan pinjaman pokdakan Boyolali yang sudah dioptimasi oleh LRMPHP. Optimasi dilakukan dengan memodifikasi sistem pendingin dan screw hopper agar mesin dapat optimal lagi digunakan oleh masyarakat. Setelah peragaan, para tamu undangan berkunjung ke workshop LRMPHP untuk melihat hasil riset mesin double screw untuk pembuatan mesin pakan ikan yang sedang diuji coba di LRMPHP.



Dokumentasi selama diseminasi di LRMPHP (dok.LRMPHP)


0 comments:

Posting Komentar