Jumat, 17 Januari 2020

Inisiasi Kerjasama Riset LRMPHP dengan Politeknik KP Karawang

Kunjungan Politeknik KP Karawang di LRMPHP
Dalam rangka penguatan pelayanan kerjasama, LRMPHP menerima kunjungan dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang pada 16 Januari 2020. Kunjungan yang dipimpin Dr. Aef Permadi, S.Pi, M.Si selaku Direktur Politeknik KP Karawang  diterima oleh Kepala LRMPHP, Luthfi Assadad, S.Pi, M.Sc didampingi staf peneliti dan kerjasama. Kunjungan Politeknik KP Karawang  tersebut dalam rangka inisiasi pelaksanaan kerjasama riset bagi dosen dan kerja praktek akhir (KPA) bagi taruna/i Politeknik KP Karawang.

Dalam sambutannya, Kepala LRMPHP memaparkan profil dan tupoksi LRMPHP, sarana dan prasarana yang dimiliki serta hasil-hasil riset yang telah dihasilkan. Selain itu, Kepala LRMPHP juga akan memfasilitasi rencana kegiatan baik program kerjasama, magang maupun pelatihan dengan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya.

Sementara itu, Direktur Politeknik KP Karawang  menjelaskan bahwa Politeknik KP Karawang merupakan pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dibidang kelautan dan perikanan di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dan profesional. Saat ini Politeknik KP Karawang memiliki 3 program studi yaitu Teknik Penangkapan Ikan, Teknik Pengolahan Produk Perikanan dan Teknik Kelautan. Kedepan ada 2 program studi baru yang akan dikembangkan yaitu Teknik Budidaya Perikanan dan Mekanisasi Perikanan. Seiring dengan penambahan program studi tersebut maka Politeknik KP Karawang terus menjajaki kerjasama dengan beberapa lembaga/institusi riset, salah satunya LRMPHP.

Pada pembahasan antara LRMPHP dengan Politeknik KP Karawang dihasilkan rumusan inisiasi kerjasama riset dan program magang. Adapun rencana output dari kegiatan tersebut yaitu sharing tenaga ahli, publikasi bersama dan pelaksanaan kerja praktek akhir (KPA) bagi taruna/i Politeknik KP Karawang. Pada tahun ini, kegiatan KPA direncanakan diikuti 6 taruna/i selama 3 bulan dengan pembimbingan peneliti LRMPHP. Sebagai tindak lanjut dari rencana kegiatan tersebut akan dilakukan pembahasan secara teknis di instansi masing-masing.

Kunjungan Politeknik KP Karawang di LRMPHP dilanjutkan dengan melihat peralatan rancang bangun LRMPHP di ruang display, workshop dan bengkel konstruksi serta fasilitas pendukungnya. Selama kunjungannya ini dilakukan pemaparan mengenai fungsi dan mekanisme kerja beberapa peralatan hasil rancang bangun LRMPHP diantaranya peralatan  alat uji kesegaran ikan berbasis sensor (alat UKI),  alat transportasi ikan segar roda dua (ALTIS-2), alat pengisi adonan tahu tuna (ALPINDAL), meat bone separator dan  peralatan lainnya. 

0 comments:

Posting Komentar