Senin, 30 April 2018

Monev Manajerial Triwulan I Tahun 2018 Lingkup BRSDM KP di LRMPHP

Kegiatan Monev Manajerial Triwulan I

Telah diselenggarakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) manajerial lingkup Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) di Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) pada tanggal 27-28 April 2018. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui tingkat pencapaian program dengan hasil yang telah dilaksanankan di LRMPHP hingga Triwulan I. 

Monev dibuka oleh Kepala LRMPHP (Luthfi Assadad, M.Sc) yang dihadiri oleh team evaluator dari Pusat Riset Perikanan (Puriskan) dan BRSDM KP  serta diikuti oleh seluruh pegawai LRMPHP. Team evaluator dari Puriskan diwakili oleh Dra. Hera Rusida, M.M. (Kasubag TU) dan Hadhi Nugraha, S.T (Kasubid Riset Teknologi Alat dan Mesin Perikanan), sedangkan dari  BRSDM KP diwakili oleh Kusdiantoro, S.Pi, MSi (Kabag Program). Dalam sambutannya, Kepala Loka memaparkan nomenklatur, profil dan tupoksi LRMPHP, sarana dan prasarana yang dimiliki serta hasil-hasil riset yang telah dihasilkan. Selain itu dijelaskan terkait penganggaran, realisasi anggaran dan pencapaiannya.

Team evaluator menyatakan bahwa LRMPHP merupakan satker lingkup BRSDM KP yang strategis mengingat tren perikanan dunia saat ini berbasis mekanisasi. Dengan adanya mekanisasi diharapkan konsumsi produk perikanan dapat ditingkatkan, khususnya di DIY yang tingkat konsumsi ikannya per kapitanya masih rendah. Kebijakan riset saat ini disamping bersifat  top down namun juga harus mengakomodir permintaan pengguna sehingga kegiatan riset menjadi lebih fokus dan bersinergi.

Penyampaian hasil evaluasi oleh evaluator
Secara umum, hasil monev manajerial LRMPHP sudah berjalan baik dan sesuai target ideal. Beberapa masukan dan saran diantaranya perlunya peningkatan koordinasi dalam pelaksanaan pengadministrasian lintas satker termasuk informasi pengabdopsian hasil riset dan kerjasama yang dijalankan. Saat ini ada beberapa peralatan hasil rancang bangun LRMPHP yang pinjamkan ke pengolah, untuk itu perlu suatu mekanisme pengadministrasian sehingga payung hukumnya menjadi jelas.  Monev lapang peralatan hasil rancang bangun LRMPHP dilakukan di UKM BU Hirto dan UD Lestari Jaya Gunung Kidul oleh team evaluator. Pada kesempatan tersebut team evaluator mendapat penjelasan langsung dari pengguna alat yang sangat mengapresiasi pinjaman peralatan tersebut.

Evaluator mengunjungi salah satu UKM binaan LRMPHP
Diharapkan dengan adanya monev manajerial tersebut akan tersedianya data kuantitatif dan kualitatif tentang kinerja manajerial, tersedianya rekomendasi untuk meningkatkan kinerja manejerial dan adanya bahan untuk penyusunan kebijakan dan pengambilan keputusan guna perbaikan program.

0 komentar:

Posting Komentar