Senin, 30 Juli 2018

LRMPHP Ikuti Pameran di Semnaskan-UGM XV 2018


Stand Pameran LRMPHP (dok. LRMPHP)
Sebagai media promosi dan sosialisasi hasil riset, Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) turut berpartisipasi dalam kegiatan pameran di Departemen Perikanan, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada pada sabtu (28/7). Kegiatan pameran diselenggarakan dalam rangka Seminar Nasional Tahunan XV Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan (Semnaskan-UGM), Departemen Perikanan, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. Selain diikuti oleh LRMPHP, pameran juga diikuti oleh UKM dan swasta yang menampilkan produk microbuble generator (MBG) untuk aplikasi budidaya ikan. 

Peralatan hasil riset yang ditampilkan oleh LRMPHP yaitu alat pemisah daging ikan manual (Meat Bone Separator) dan alat uji kesegaran ikan berbasis android. Alat pemisah daging ini dioperasikan secara manual dengan memutar atau mengengkol tuas yang terdapat di bagian samping alat dan diteruskan melalui mekanisme puly belt ke drum berpori. Sementara itu, alat uji kesegaran ikan berbasis android yang ditampilkan merupakan alat uji kesegaran ikan dengan pendeteksian bau ikan menggunakan sensor dan citra mata ikan menggunakan kamera. 

Interaksi dan diskusi dengan pengunjung 1 (dok. LRMPHP)
Interaksi dan diskusi dengan pengunjung 2 (Dok. LRMPHP)

Selama pameran, stand LRMPHP banyak menerima kunjungan baik dari akademisi maupun praktisi diantaranya Departemen Perikanan UGM, FPIK Universitas Brawijaya, BKIPM Yogyakarta,  LIPI Jakarta, Loka Riset Budidaya Rumput Laut Gorontalo dan Loka Riset Perikanan Tuna Bali. Beberapa pengunjung umumnya tertarik dengan peralatan yang ditampilkan serta menanyakan beberapa hal terkait prinsip kerja alat, kegunaan, harga dan spesifikasinya. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan interaksi dan diskusi singkat dengan pengunjung.

0 komentar:

Posting Komentar