Senin, 30 Juli 2018

Partisipasi LRMPHP pada Semnaskan UGM XV 2018


Seminar Nasional Tahunan XV Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan (Semnaskan-UGM) adalah agenda seminar tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Perikanan, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. Seminar hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para akademisi, peneliti, lembaga pemerintah, pihak swasta dan pemangku kepentingan untuk berbagi dan bertukar informasi hasil penelitian, pengalaman dan teknologi mengenai semua aspek yang berkaitan dengan kelautan dan perikanan.

Semnaskan UGM XV  diselenggarakan pada Sabtu (28/07) di Departemen Perikanan – UGM di Auditorium Prof. Ir. Hardjono Danoesastro. Rangkaian acara kegiatan semnaskan meliputi laporan ketua Panitia, pembukaan kegiatan oleh Dekan Fakultas Perikanan UGM Dr. Jamhari, S.P., M.P, dan dilanjutkan dengan paparan pembicara kunci Dr. Ir. Ignatius Hardaningsih, M.Si. dari Departemen Perikanan Universitas Gadjah Mada dan Risyanto Suwanda, S.Pi., M.Si. dari Perum Perikanan Indonesia. 

Pembukaan oleh Dekan Fakultas Perikanan UGM (dok. LRMPHP)
Pemaparan oleh Pembicara Kunci Pertama (dok. LRMPHP)
Pemaparan oleh Pembicara Kunci Kedua (dok. LRMPHP)
Pada paparannya pembicara kunci Dr. Ir. Ignatius Hardaningsih, M.Si. menyampaikan materi tentang “Budidaya Gurami untuk Ketahanan Pangan dan Eradikasi Kemiskinan di Pedesaan : Peluang dan Tantangan”. Dalam paparannya disampaikan mengenai  sifat-sifat ikan gurami, nilai gizi, nilai ekonomis serta bagaimana cara membudidayakannya. Selain itu disampaikan juga terkait dengan produksi gurami yang setelah dimasukkan dalam Renstra KKP produksinya semakin meningkat. Oleh karena itu budidaya gurami diharapkan dapat mendukung ketahanan pangan di Indonesia.

Sementara itu pembicara kunci kedua yaitu Risyanto Suanda, S.Pi,. M.Si. menyampaikan materi tentang “Peran BUMN Perikanan dalam Pembangunan Industri Perikanan yang Berkelanjutan”. Dalam paparannya disampaikan mengenai profil Perum Perindo serta perannya dalam pembangunan perikanan di Indonesia. Perum Perindo didirikan sejak 28 tahun silam berdasarkan PP No 2 tahun 1990. Lingkup bisnis Perum Perindo yang luas dan dengan dukungan pemerintah dapat menjadi penggerak dan penyangga sector perikanan di Indonesia.

Setelah acara pembukaan dan paparan oleh pembicara kunci, kegiatan semnaskan dilanjutkan dengan kelas-kelas seminar yang dilaksanakan di gedung A4 Dept. Perikanan. Pada seminar ini, LRMPHP ikut berpartisipasi mempublikasikan hasil penelitian dengan mengirimkan 8 KTI.

LRMPHP berpartisipasi dengan memaparkan hasil litbang sebagai berikut :

No
Judul Makalah
Penulis
1
Perubahan Citra Mata Ikan Tuna Selama Penyimpanan Pada Suhu Ruang
Toni Dwi Novianto, I Made Susi Erawan
2
Optimasi Arsitektur Multi Layer Perception pada Klasifikasi Kesegaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus)
Koko Kurniawan, Zaenal Arifin Siregar
3
Sifat Fisik Pakan Ikan Lele (Clarias sp.) pada Beberapa Formula
Putri Wullandari, Arif Rahman Hakim, Caesar Mahendra
4
Pengaruh Lama Pengadonan dalam Bowl Cutter terhadap Kandungan Protein dan Warna Nugget Ikan Patin (Pangasius sp.)
Naila Zulfia, Tri Nugroho Widianto
5
Seleksi Fitur Citra Insang Ikan Tuna pada Proses Penyimpanan Tuna dalam Suhu Kamar
Zaenal Arifin Siregar, Koko Kurniawan
6
Analisa Termodinamika Sistem Refrigerasi Absorpsi Sebagai Mesin Pembuat Es untuk Perikanan
Wahyu Tri Handoyo, Arif Rahman Hakim
7
Performansi Chilling Storage pada Kapal dengan Penambahan Screen dalam Palka
Naila Zulfia, Tri Nugroho Widianto, Ahmat Fauzi, Luthfi Assadad
8
Pengaruh Laju Alir Air Pendingin Kondensor Terhadap Performansi Chilling Storage Kapal Ikan Kapasitas 1,3 Ton
Ahmat Fauzi, Tri Nugroho Widianto

Presentasi Oral oleh Ahmat Fauzi

Presentasi Oral oleh Naila Zulfia


0 komentar:

Posting Komentar