Senin, 25 Maret 2019

Visitasi Kementerian PANRB di LRMPHP Bantul

Visitasi Tim Kementerian PANRB di LRMPHP, didampingi sejumlah Pejabat KKP

Tim visitasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) meninjau kesiapan Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) untuk peningkatan status kelembagaan. Visitasi oleh Tim Kementerian PANRB yang dipimpin oleh Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana dilakukan pada tanggal 22 Maret 2019. Turut hadir mendampingi visitasi, Pejabat dari KKP diantaranya Sekretaris BRSDM, Kepala Biro Hukum dan Organisasi KKP dan Kepala Pusat Riset Perikanan (Pusriskan).

Visitasi oleh tim Kementrian PANRB ini dalam rangka kunjungan lapang terkait usulan penataan organisasi Unit Pelaksana Tenis (UPT) lingkup KKP, salah satunya usulan peningkatan status kelembagaan LRMPHP dari UPT setingkat Eselon IV menjadi UPT setingkat Balai (Eselon III). Sekretaris BRSDM, Dr. Maman Hermawan, M.Sc., saat membuka kegiatan visitasi menyampaikan bahwa saat ini inovasi alat dan mesin perikanan buatan dalam negeri masih sangat terbatas dibandingkan dengan alat pertanian. Sementara itu, inovasi yang dihasilkan LRMPHP sudah banyak, namun mandat yang diberikan kepada LRMPHP masih sempit dan berbasis riset murni, sehingga perlu peningkatan status kelembagaan LRMPHP.

Pernyataan yang disampaikan oleh Sekretaris BRSDM tersebut didukung oleh Kepala Pusriskan, Waluyo Sejati Abutohir, S.H., M.M, yang menyatakan bahwa dengan peningkatan status kelembagaan, LRMPHP diharapkan dapat mengambil peran yang lebih luas dalam melayani masyarakat. Kepala Pusriskan mendorong agar inovasi alat dan mesin perikanan yang dihasilkan LRMPHP dapat segera dihilirisasi. Oleh karena itu perlunya dukungan dari semua pihak agar proses paten segera selesai sehingga alat dan mesin tersebut dapat diindustrialisasi.

Forum Visitasi Tim Kementerian PANRB di LRMPHP
Sementara itu, Tim visitasi dari Kementerian PANRB sangat mengapresiasi atas capaian yang dihasilkan oleh LRMPHP. Dengan semakin banyak hasil inovasi alat dan mesin perikanan rancang bangun LRMPHP yang digunakan stakeholder, menunjukkan peran sebenarnya dari UPT Riset Kementerian KP yang seharusnya banyak bersifat teknis dan dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Dijelaskan oleh Tim visitasi bahwa para pengambil kebijakan seharusnya melihat hasil riset yang telah dihasilkan UPT dibawahnya sebagai pedoman dalam menentukan arah kebijakan riset. Tim visitasi berharap agar LRMPHP mengembangkan inovasi teknologi yang mampu mendukung industri 4.0 baik dari kekuatan sisi desain maupun digitalisasinya.


Kunjungan Tim visitasi Kementerian PANRB di LRMPHP diakhiri dengan melihat beberapa peralatan yang ada di ruang display peralatan. Pada kesempatan tersebut dilakukan demo pengujian alat uji kesegaran ikan berbasis android (alat UKI) menggunakan ikan tuna. Selain itu juga dilakukan pemaparan mengenai fungsi dan mekanisme kerja beberapa peralatan hasil rancang bangun LRMPHP diantaranya alat transportasi ikan segar roda dua (ALTIS-2) dan teknologi peralatan pengolahan fish jelly.



Kunjungan Tim Visitasi  dan Pejabat KKP di ruang display peralatan




0 comments:

Posting Komentar