Rabu, 18 September 2019

Peneliti LRMPHP Ikuti Seminar Internasional ICTCRED 2019

Peneliti LRMPHP Ikuti Seminar Internasional ICTCRED 2019

International Conference on Tropical and Coastal Region Eco Development (ICTCRED) 2019 dilaksanakan pada tanggal 18 September 2019 oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu  Kelautan Universitas Diponegoro (UNDIP). Sejumlah pejabat lingkup UNDIP menghadiri kegiatan tersebut seperti Wakil Rektor bidang Riset dan Inovasi, Prof. Dr. Ambariyanto, Dekan FPIK Prof Dr. Tri Winarni, akademisi dan peneliti bidang kelautan dari kementerain dan kampus lain.

Dekan FPIK Undip menjelaskan bahwa ICTCRED  merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk mempromosikan dan menyebarluaskan hasil penelitian teruatama untuk kawasan pesisir dan daerah tropis. Tema ICTCRED 2019 adalah pengelolaan kawasan pesisir terintegrasi untuk mendukung pembangunan lestari dan berkelanjutan. Prof Tri Winarni juga menjelaskan bahwa ICTCRED merupakan kolaborasi bidang hukum, sosial ekonomi, dan kelautan untuk mengimplementasikan pola ilmiah pokok yang dimiliki UNDIP terkait pengembangan kawasan pesisir dan pantai.

Pada acara tersebut hadir sejumlah pembicara kunci yaitu Prof Hiroki Saeki, PhD dari Hokaido University Jepang yang berkecimpung di bidang ilmu dan teknologi pangan bersumber dari produk laut; Erik de Ruijter van Steveninck, PhD dari IHE Delft Institute for Water Education, Belanda yang menggeluti bidang ekologi perairan dan laut; Prof. Budi P. Resosudarmo, PhD dari Australian National University, Australia dengan bidang kepakaran ekonomi perikanan. Pembicara kunci lainnya yang menyampaikan paparannya adalah Prof. Dr. Eddy Pratomo dari Undip dengan kepakaran kebijakan pesisir dan Dr. Tony Hadibarata dari CurtinUniversity, Malaysia yang banyak berkiprah di bidang mikrobiologi lingkungan.

ICTCRED 2019 diikuti lebih dari 200 ilmuwan dari berbagai negara. Sejumlah jurnal dan proseding internasional seperti Biodiversitas, WRA (World Researchers Associations), dan AACL (Aquaculture, Aquarium, Conservation & Legislation) Bioux, Proceedings of the Institute of Physics (IOP) akan menjadi sarana publikasi sejumlah artikel yang dipresentasikan pada kegiatan tersebut.

Presentasi dilakukan dalam kelas-kelas secara panel sesuai tema yang akan dipresentasikan yaitu Marine Product and Biotechnology, Aquaculture, Coastal Policy, Crustacean Diversity, Building with Nature, Coastal Resources Management; Coastal Social and Economics, Coastal Engineering; Air Sea Interaction; Disaster Mitigation and Rehabilitation, Marine Science dan Fisheries and Fisheries Processing Technology

Peneliti LRMPHP mengikuti sesi panel yang membahas tentang Fisheries and Fisheries Processing Technology. Pada tema ini, terdapat 12 hasil penelitian yang dipresentasikan. Salah satu paparan terkait alat pengering  menjadi perhatian peneliti LRMPHP karena sesuai dengan tema penelitian LRMPHP tahun 2019. Judul paparan penelitian tersebut yaitu “The characteristics of dried Anchovy (Stolephorussp) by applied the cabinet and tunnel type of sun dryer” Penelitian ini membahas tentang proses pengeringan ikan anchovy yang terkendala cuaca dan tingkat sanitasi yang rendah sehingga perlu didesain alat pengering yang sesuai. Alat pengering yang didesain adalah jenis cabinet dan tunnel, dengan parameter pengujian organoleptik, proksimat dan Total Plate Pount (TPC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pengering jenis tunnel menghasilkan mutu ikan anchovy kering lebih baik dibandingkan jenis kabinet. Hal ini ditunjukkan dari nilai organoleptik dan TPC yang lebih baik.



0 comments:

Posting Komentar