Minggu, 08 Desember 2019

Kunjungan Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Cirebon di LRMPHP

Kunjungan Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Cirebon di LRMPHP

LRMPHP menerima kunjungan Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislakan) Kabupaten Cirebon pada 6 Desember 2019. Kunjungan dipimpin oleh Kepala Dislakan Kab. Cirebon,   Itta Rohpitasari, M.Si dan  diterima oleh Kepala LRMPHP, Luthfi Assadad, M.Sc. Kunjungan Dislakan ini  dalam rangka kunjungan kerja untuk melihat peralatan hasil riset LRMPHP dan teknologi Alat Transportasi Ikan Segar (ALTIS-2).

Dalam sambutannya, Kepala LRMPHP mengucapkan terima kasih atas dukungan serta kerjasamanya selama pelaksanaan program Inovasi Teknologi Adaptif Lokasi Perikanan (INTAN) ALTIS-2 di Kabupaten Cirebon. Senada dengan sambutan Kepala LRMPHP, Kepala Dislakan Kab. Cirebon mengapresiasi atas dipilihnya Kab. Cirebon sebagai tempat uji terap ALTIS-2. Kepala Dislakan menyampaikan bahwa pedagang ikan keliling yang menjadi mitra uji terap sudah terbantu dan mendapatkan manfaatnya. Selain itu, Kepala Dislakan juga menyampaikan maksud kunjungannya ini selain untuk melihat peralatan hasil inovasi LRMPHP juga untuk menginisiasi kerjasama lanjutan dengan LRMPHP. Kerjasama yang sudah terjalin saat ini tentang uji terap ALTIS-2 kepada pedagang ikan keliling di Kab. Cirebon. Harapannya akan ada lagi peralatan lainnya  yang diuji terap di Kab. Cirebon.

Selain paparan dari Kepala LRMPHP, Tri Nugroho Widianto, M.Si selaku Koordinator Pelayanan Teknis sekaligus Koordinator Riset ALTIS-2 juga memaparkan hasil uji terap ALTIS-2 yang telah dilakukan di Kab. Cirebon. Disampaikan bahwa secara umum uji terap ALTIS-2 di Kabupaten Cirebon berjalan dengan baik. Pelaku uji terap lebih banyak mendapat manfaatnya, diantaranya penampilan ALTIS-2 yang bersih menjadi daya tarik pembeli, penggunaan es batu berkurang, ikan yang dijual tetap segar serta banyak mendapat tanggapan positip dari para pembeli. Salah satu tindak lanjut untuk perbaikan dan penyempurnaan ALTIS-2, perlunya pendampingan lanjutan dan kerjasama dari Dislakan Kab. Cirebon.

Kunjungan Dislakan Kab. Cirebon Dislakan  diakhiri dengan melihat peralatan hasil riset LRMPHP di ruang display peralatan, workshop dan bengkel konstruksi serta fasilitas pendukungnya. Selama kunjungan dilakukan pemaparan mengenai fungsi dan mekanisme kerja beberapa peralatan hasil rancang bangun LRMPHP diantaranya peralatan  alat uji kesegaran ikan berbasis sensor (alat UKI),  alat transportasi ikan segar roda dua (ALTIS-2), alat pengisi adonan tahu tuna (ALPINDAL), meat bone separator dan  peralatan lainnya.



Kunjungan di ruang display peralatan, workshop dan bengkel konstruksi

0 comments:

Posting Komentar