Kamis, 05 November 2020

Sinkronisasi Program dan Kegiatan LRMPHP dengan Dinas KP Kabupaten/Kota di DI Yogyakarta

Pembukaan kegiatan sinkronisasi program oleh Kapusriskan, Yayan Hikmayani

Sinkronisasi program dan kegiatan riset Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan dengan Dinas Kelautan dan Perikanan di wilayah D.I. Yogyakarta diselenggarakan pada 4 November 2020 di Ruang Aula LRMPHP dan dapat diakses secara daring melalui aplikasi zoom. Sinkronisasi program dan kegiatan riset dibuka oleh Kepala Pusat Riset Perikanan KKP, Yayan Hikmayani secara daring sekaligus memberikan arahannya. Hadir dalam kegiatan ini Kepala LRMPHP beserta staf serta Kepala Dinas KP Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman dan Kota Yogyakarta.

Kepala LRMPHP, Luthfi Assadad dalam sambutan pengantarnya menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka mendapatkan masukan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan dan penerapan kegiatan riset mekanisasi perikanan di D.I. Yogyakarta yang dilaksanakan oleh LRMPHP. “Acara ini untuk mempertajam roadmap kegiatan riset yang telah disusun LRMPHP agar pelaksanaannya mencapai hasil yang optimal. Disisi lain acara ini untuk memberikan dukungan kepada kegiatan Dinas KP dengan kompetensi yang dimiliki LRMPHP, " tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Riset Perikanan dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan sinkronisasi dalam rangka membangun kemitraan dan kerjasama antara kedua belah pihak. Sinkronisasi ini selain membantu eselon 1 lingkup KKP juga  menjawab kebutuhan stake holder terdekat yaitu Dinas KP di wilayah D.I. Yogyakarta. Hasil sinkronisasi diharapkan dapat dilanjutkan menjadi kebijakan pengembangan alat dan mesin perikanan KKP untuk meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat.

Penyampaian materi sinkronisasi program dari Dinas KP

Secara umum hasil pemaparan yang disampaikan Kepala Dinas KP Kabupaten/Kota D.I. Yogyakarta menunjukkan dukungannya terhadap pengembangan riset mekanisasi alat perikanan yang dilakukan LRMPHP. Alat mekanisasi perikanan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan pada berbagai sektor usaha perikanan seperti penyiapan sarana produksi, budidaya, penangkapan, pengolahan dan pemasaran. Selain memudahkan stake holder usaha perikanan, juga dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas dan produktivitasnya.




0 comments:

Posting Komentar