Senin, 14 November 2022

Pelatihan Operasional Alat Vakum Tekan "Vacuum Impregnation" untuk Pembuatan Ikan Salem Asap di LRMPHP

Pelatihan operasional alat vakum tekan untuk pembuatan ikan salem asap

Pengasapan ikan merupakan salah satu usaha pengawetan ikan yang dapat berpengaruh baik terhadap mutu dan daya awet produk yang diasap. Pembuatan ikan asap secara tradisional dilakukan dengan mengasapi ikan secara langsung dari pembakaran kayu atau tempurung kelapa. Metode ini mempunyai beberapa kelemahan, antara lain kualitas produk ikan kurang konsisten serta adanya deposit tar dan senyawa-senyawa yang berbahaya bagi kesehatan. Metode lain untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan memanfaatkan asap cair, sehingga pemberian aroma asap pada makanan akan lebih praktis.

Salah satu metode yang dikembangkan oleh Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) dalam pembuatan ikan asap adalah dengan menggunakan alat vakum tekan. Impregnasi vakum (vacuum impregnation) merupakan suatu metode dalam pengolahan pangan. Prinsip impregnasi adalah mengeluarkan sebagian atau keseluruhan udara maupun cairan dalam suatu bahan pangan kemudian menggantikannya dengan cairan atau larutan osmotik yang dikehendaki. Saat bahan pangan diberi perlakuan impregnasi vakum, cairan yang ada dalam bahan akan keluar karena kondisi tekanan lingkungan di bawah tekanan atmosfir, bagian-bagian yang kosong tersebut akan terisi kembali oleh cairan lain ketika tekanan dikembalikan pada tekanan atmosfir seperti semula atau lebih tinggi hingga tercapai keseimbangan antara cairan dalam bahan dan lingkungan.

Untuk mendesiminasikan dan mengenalkan alat tersebut kepada masyarakat dilakukan pelatihan pengoperasian alat vakum tekan kepada Taruna/i SMKN 1 Temanggung, pada tanggal 10 Agustus 2022 di LRMPHP. Pelatihan dilakukan dibawah bimbingan instruktur bersama teknisi alat dari LRMPHP. Pelatihan dilakukan dengan memberikan pengetahuan teknis maupun praktek langsung pengoperasikan alat untuk pembuatan ikan salem asap. Selain bahan utama ikan salem yang digunakan, beberapa bahan lainnya yang digunakan diantaranya asap cair, garam dan bumbu-bumbu. 


0 comments:

Posting Komentar