Senin, 28 November 2022

Pengenalan SRIKANDI di LRMPHP, Sebuah Sistem Informasi Kearsipan

Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis kearsipan pada hari Rabu tanggal 23 November 2022. Kegiatan ini dilangsungkan di aula lantai 2 gedung LRMPHP dengan pemateri tunggal Bapak Yustinus Jati Utomo, SH, M.Si - salah satu arsiparis ahli muda di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh koordinator manajerial dan pegawai LRMPHP dan dipimpin langsung oleh Kepala LRMPHP, Luthfi Assadad. Dalam sambutannya, Kepala LRMPHP memberikan pengantar berupa kondisi faktual pengelolaan persuratan dan kearsipan yang ada di LRMPHP. Misalnya terkait dengan pengelolaan surat masuk dan surat keluar, penomoran surat, dan juga penggunaan aplikasi elayar sebagai aplikasi persuratan, disposisi dan kearsipan di KKP.

Bapak Jati Utomo dalam kesempatan ini memberikan materi mengenai SRIKANDI, sebuah sistem informasi kearsipan dinamis yang dibangun oleh ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia). Sebagai sebuah sistem informasi, Srikandi dibuat dan dikembangkan berdasarkan ketentuan atau regulasi yang mengatur mengenai tata laksana dan pengelolaan kearsipan. Regulasi mengenai SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) juga diadopsi dalam pengembangan Srikandi, mengingat ANRI sebagai sebuah lembaga pembina kearsipan secara nasional memiliki kewenangan untuk membuat atau membangun aplikasi yang bersifat umum seperti Srikandi ini.

Di sisi lain, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah memiliki aplikasi elayar sebagai aplikasi persuratan, disposisi dan kearsipan di KKP dengan penggunaan di tingkat BRSDM KP yang cukup menggembirakan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pemantauan secara berkala setiap awal bulan dari Sekretariat BRSDM KP terkait dengan penggunaan aplikasi elayar pada seluruh satuan kerja BRSDM KP.

Kegiatan bimbingan teknis ini akan dilanjutkan dengan monitoring dan evaluasi penggunaan sistem informasi kearsipan pada manajerial LRMPHP (Tata Usaha, Tata Operasional, pelayanan Teknis) pada hari Rabu s.d. Jumat pekan ini (23-25 November 2022) oleh Bapak Jati Utomo.

Harapannya dengan diselenggarakannya kegiatan ini, seluruh pegawai memiliki pemahaman dan komitmen akan pentingnya dokumen persuratan dan kearsipan, serta mampu menerapkannya dalam lingkup pekerjaan sehari-hari, termasuk pengecekan terhadap akun elayar masing-masing pegawai secara berkala

0 comments:

Posting Komentar