Kamis, 13 April 2023

Instruktur LRMPHP Berikan Pelatihan Perakitan Pendingin TEC untuk Boks Penyimpanan Ikan

Peserta pelatihan antusias merakit pendingin TEC 

Ikan segar merupakan salah satu produk perikanan dan kelautan yang sangat penting dalam menunjang ketahanan pangan di Indonesia, karena selain kandungan gizi yang lengkap juga dapat diolah menjadi berbagai produk pangan lainya. Salah satu rantai distribusi ikan segar dari pemasok ke konsumen adalah melalui pedagang ikan keliling. Umumnya pedagang ikan keliling menggunakan styrofoam box yang diletakkan di atas sepeda motor untuk membawa dan mendistribusikan ikan, namun penggunaan sarana transportasi tersebut mempunyai beberapa kelemahan diantaranya mudah jatuh, kurang higinis dan tidak berpendingin.

Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan telah berhasil mengembangkan alat transportasi ikan segar yang biasa dikenal sebagai ALTIS-2 yang dapat digunakan untuk membantu pedagang ikan keliling dalam mendistribusikan ikan ke konsumen. Alat transportasi ikan segar (ALTIS-2) adalah sarana untuk membawa dan mendistribusikan ikan segar untuk pedagang ikan keliling. Alat ini dilengkapi dengan pendingin sehingga mampu mempertahankan mutu ikan segar. ALTIS-2 menggunakan sistem pendingin termoelektrik (TEC) dengan komponen utama elemen peltier dengan sumber arus DC. 

Untuk memberikan keterampilan serta pemahaman terkait dengan pendingin TEC tersebut, LRMPHP mengadakan pelatihan perakitan sistem pendingin TEC untuk boks penyimpanan ikan di Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran (PKPP), 30 Maret - 1 April 2023 lalu. Kegiatan diselenggarakan di Ruang Teaching Factory (TEFA) Poltek KP Pangandaran dan diikuti sebanyak 70 taruna - taruni  program studi pengolahan hasil laut. 

Pemaparan materi pelatihan oleh Instruktur LRMPHP 

Kegiatan pelatihan diawali paparan materi oleh instruktur LRMPHP, Tri Nugroho Widianto, dilanjutkan dengan praktik perakitan sistem pendingin TEC dan pengujiannya. Dalam paparannya disampaikan kelebihan sistem pendingin dengan termoelektrik. “Kelebihan pendingin TEC diantaranya ketahanan alat yang baik, perawatan yang mudah dan ramah lingkungan,“ jelasnya. Selain itu disampaikan pula komponen dan spesifikasi bahan yang digunakan dalam merakit pendingin TEC untuk boks penyimpanan ikan segar. “Beberapa komponen utama yang digunakan yaitu dudukan TEC, peltier, bracket, heat sink, kipas dan komponen kelistrikan lainnya, “ tambahnya.

Selama mengikuti kegiatan ini, taruna-taruni peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pemaparan instruktur karena memperoleh ilmu baru yang menarik. Salah satu peserta pelatihan, Siti Maryati Khasanah menyampaikan pelatihan ini menambah pengetahuan dan dapat dijadikan bahan referensi dalam penyusunan kegiatan tugas akhir. “Setelah mengikuti kegiatan ini pengetahuan dan wawasan kami meningkat, harapan kami kedepannya pelatihan ini rutin dilaksanakan dengan materi yang berbeda-beda,” jelasnya


0 comments:

Posting Komentar