Kamis, 31 Agustus 2023

Instruktur LRMPHP Menjadi Narasumber Pembinaan Mutu Hasil Perikanan di Dislautkan DIY

Instruktur Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan, Tri Wahyu Handoyo menjadi narasumber pada kegiatan Pembinaan Mutu Hasil Perikanan yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) DI.Yogyakarta, di Ruang Cakalang pada 29 Agustus 2023. Kegiatan pembinaan mutu ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan cara penanganan ikan yang baik bagi para pelaku usaha hasil perikanan dari 5 kabupaten/kota di DIY, baik pelaku usaha olahan perikanan, pedagang ikan segar maupun pembudidaya ikan. 

Dalam sambutannya, Kepala Dislautkan DIY yang diwakili Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Juwarti menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan mutu ini dilatarbelakangi meningkatnya indeks kesadaran masyarakat terhadap mutu dan keamanan produk perikanan sehingga perlu pengendalian dalam menjaga kualitasnya. Harapannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan akan menambah produktivitas kepada pelaku usaha perikanan khususnya pembudidaya dan pengolah. 

Rangkaian kegiatan pembinaan mutu diawali dengan pemaparan  materi tentang “Teknis Penerapan Sanitasi dan Higiene selama Pra Produksi, Produksi, Distribusi, Penanganan, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan” dari LRMPHP, dilanjutkan  dengan pemaparan “Teknis Penerapan Sistem Rantai Dingin selama Distribusi, Penanganan, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan” oleh Nurfitri Ekantari dari Departemen Perikanan UGM dan “Praktek Pengemasan dan Filleting Ikan Segar” oleh Sudarisman selaku pengolah profesional produk perikanan.

Narasumber dari LRMPHP menyampaikan bahwa penanganan ikan seharusnya dimulai sejak ikan ditangkap/panen karena baik buruknya penanganan akan berpengaruh langsung terhadap mutu ikan sebagai bahan makanan maupun bahan baku untuk pengolahan lebih lanjut. Dalam proses pengolahan ini, peralatan yang digunakan selain berfungsi dengan baik dan ekonomis juga harus memenuhi persyaratan sanitasi dan hygiene. “Secara umum, sanitasi lebih ditekankan terhadap lingkungan di sekitar pangan, sedangkan higiene ditekankan terhadap pangan itu sendiri,” jelas narasumber. 

Lebih lanjut dijelaskan bahwa mesin/peralatan pengolahan konstruksinya harus dirancang sedemikian rupa sehingga mudah dibersihkan dan tidak berpengaruh negatif terhadap produk serta tahan terhadap bahan baku dan bahan pembersih. Penerapan konsep sanitasi dan hygiene pada mesin/peralatan perikanan tersebut diantaranya ALTIH (alat transportasi ikan hidup), ALTIS (alat transportasi ikan segar), Alpindel (alat pengisi adonan dengan sistem handel) hasil rancang bangun LRMPHP.


0 comments:

Posting Komentar