Rabu, 24 Agustus 2016

LPPMPHP di Forum Mitra Pengguna Produk Perikanan (FORMITAN)


Berdasarkan undangan No 2911/BALITBANGKP.1/TU.330/VIII/2016 tanggal 12 Agustus 2016 dari Puslitbang Perikanan, satu orang pegawai (kepala LPPMPHP) mengikuti Forum Nasional Mitra Pengguna Produk Perikanan (FORMITAN) yang dilaksanakan di Ballrom Gedung Mina Bahari III KKP pada tanggal 22 Agustus 2016.

Kegiatan Formitan ini mengambil tema "Bright and Green Towards Fisheries Sustainability" dan diselenggarakan atas kerjasama Puslitbang Perikanan - BalitbangKP dengan SKK Migas, dan OJB Pertamina - Medco Sulawesi. Kegiatan ini merupakan forum inisiasi pelaksanaan CSR (Corporate Social Responsibility) yang dilakukan oleh OJB Pertamina - Medco Sulawesi dengan menggunakan teknologi yang terdapat dan dihasilkan oleh BalitbangKP; serta disupervisi oleh SKK Migas. Kegiatan CSR-nya sendiri dilaksanakan di Tomori, Sulawesi Tengah; tempat dimana OJB Pertamina - Medco beroperasi.

Kegiatan Formitan diawali dengan Laporan Ketua Panitia (Kepala Puslitbang Perikanan) dan sambutan dari GM OJB Pertamina - Medco dan Deputi SKK Migas. Forum ini kemudian dibuka oleh Kepala BalitbangKP (M. Zulficar Mokhtar). Dalam sambutannya beliau mengharap kerjasama ini merupakan awal yang baik, serta terbuka untuk seluruh unit yang ada di KKP. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang rilis komoditas budidaya kepada satker / unit yang menghasilkan komoditas tersebut, serta penandatangan kerjasama antara Puslitbang Perikanan dengan GM OJB Pertamina - Medco.

  • Usai sesi pembukaan, acara dilanjutkan dengan sesi kelas yang menghadirkan 5 orang narasumber, dengan tema masing-masing sebagai berikut.

  • Sinergitas Program CSR Berbasis Inovasi Pesisir Kerakyatan, oleh Jalal (Chairperson of Advisory Board Social Investment Indonesia)

  • Valuasi Ekonomi Sumberdaya Pesisir dan Laut Kaitannya Terhadap Eksplorasi Migas, oleh Prof. Dr. Ir. Sonny Koeshendrajana, M.Sc (Peneliti Utama Balitbang KP)

  • Ekologi Masyarakat Pesisir Di Kawasan Industri Migas, oleh Dr. Ir. Arif Satria, MS (Dekan FEM IPB)

  • Tata Kelola Perikanan Tangkap Di Wilayah Eksplorasi Migas, oleh Dr. Toni Ruchimat (Direktur Pengelolaan Sumberdaya Ikan - Ditjen Perikanan Tangkap-KKP)

  • Sinergitas dan Tata Kelola Kawasan Konservasi Pesisir dan Laut Di Wilayah Eksplorasi Migas oleh Ir. Andi Rusandi, M.Si (Direktur Kawasan Konservasi dan Keaneragaman Hayati Laut-Ditjen PRL-KKP)

Berita terkait:

https://t.co/8k2zZPa0tR

https://t.co/RfuGKmPrux

https://t.co/6o7A5m8UNZ

0 comments:

Posting Komentar