Senin, 29 Agustus 2016

Partisipasi LPP-MPHP dalam Gelar Teknologi Tepat Guna XII ProvinsiBanten

Partisipasi LPP-MPHP di TTG XIII Provinsi Banten (dok. LPP-MPHP)
Berdasarkan surat Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Provinsi Banten Nomor : 523/271.b-DKP/2016 tanggal 25 Juli 2016 dan memorandum Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Daya Saing Produk dan Bioteknologi KP, LPP-MPHP berpartisipasi dalam Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XII Tingkat Provinsi Banten yang diselenggarakan pada tanggal 25–29 Agustus 2016 di Lapangan ABD KS/Hellypad cilegon. Kegiatan dilakukan dengan berpartisipasi dalam pameran sebagai  media promosi dan publikasi hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan oleh LPP-MPHP. Selain itu juga sebagai wahana pertukaran informasi antara LPP-MPHP dan pemangku kepentingan terkait (DKP provinsi banten) pada khususnya dan para pelaku UKM di provinsi banten pada umumnya.

Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XII Tingkat Provinsi Banten mengusung tema “Dengan memanfaatkan sumber daya lokal melalui pemberdayaan Teknologi Tepat Guna kita wujudkan kemandirian daerah” merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah provinsi Banten. Pelaksanaan acara ini sesuai dengan instruksi presiden RI No.3 Tahun 2001 tentang penerapan dan pengembangn teknologi tepat guna. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi tepat guna, mempromosikan dan mempublikasikan hasil teknologi tepat guna kepada masyarakat serta meningkatkan daya saing produk lokal. Acara ini dibuka langsung oleh Gubernur Banten H. Rano Karno, S.I.P. Dalam sambutannya beliau berharap dengan didakannya gelar TTG ini nantinya akan ada pembinaan langsung terhadap UMKM sehingga akan meningkatkan kualitas dan kuantitas dari produk yang dihasilkan. Selain itu diharapkan pameran TTG ini dapat mendekatkan TTG ke masyarakat sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan.

Pembukaan TTG XII oleh Gubernur Banten (dok. LPP-MPHP)
Sambutan Gubernur Banten (dok. LPP-MPHP)
Pada partisipasi TTG XII ini LPP-MPHP menampilkan dua hasil penelitian yaitu alat meat bone separator untuk memisahkan daging dan tulang ikan dan alat pengisi adonan tahu tuna sistem handel di Stand DKP Provinsi Banten. Selama partisipasi tersebut LPP-MPHP menerima banyak kunjungan dari berbagai instansi daerah, sekolah dan juga para pelaku UMKM. Beberapa pengunjung umumnya tertarik dengan peralatan yang ditampilkan serta menanyakan beberapa hal diantaranya prinsip kerja, kegunaan alat, harga alat dan spesifikasi alat.  Pada kesempatan tersebut juga dilakukan interaksi dan diskusi dengan pengunjung diantaranya dengan bapak Yahya dari Dinas Pertanian dan Perkebunan kabupaten Pandeglang yang menyampaikan bahwa alat meat bone separator dengan kebutuhan daya listrik yang rendah sangat cocok digunakan untuk pengolahan produk perikanan di lingkungannya. Ibu Tati Suharyati dari SMKN 2 KKS juga menyatakan ketertarikannya dengan alat meat bone separator, tetapi karena kebutuhan beliau adalah untuk skala alat peraga pembelajaran siswa maka beliau berharap alat tersebut bisa lebih kecil dan lebih ringan. Sedangkan bapak Dwi Puji Susilo dari SMK N CIkande tertarik dengan alat pengisi adonan tahu tuna. Beliau manyatakan bahwa alatnya cukup sederhana dan tepat guna sehingga cocok digunakan untuk UMKM.

Interaksi dan Diskusi tentang Alat Meat Bone Separator (dok. LPP-MPHP)
Interaksi dan Diskusi tentang Alat Pengisi Adonan (dok. LPP-MPHP)

0 comments:

Posting Komentar