Senin, 28 November 2016

KOORDINASI, INISIASI KERJASAMA DAN SINKRONISASI HASIL LITBANG LPP-MPHPDENGAN BBP2HP


Loka Penelitian dan Pengembangan Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LPPMPHP) pada hari Kamis tanggal 24 November 2016 telah menerima kunjungan dari Tim Perekayasa Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP)-Jakarta yang dipimpin oleh Ibu Dra. Rini Andriyani, MP sebagai Kepala Bidang Uji Terap Teknik Pengolahan dan Pemasaran – BBP2HP. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melakukan diskusi, koordinasi, penjajakan kerjasama serta sinkronisasi hasil litbang LPPMPHP dengan kegiatan perekayasaan di BBP2HP. Kunjungan tersebut merupakan kelanjutan dari kunjungan yang telah dilakukan pada Bulan Maret lalu terkait teknologi Hidrolisat Protein Ikan (HPI). BBP2HP bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Daya Saing Produk Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (P3DSPBKP), Institut Pertanian Bogor (IPB), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah berhasil mengembangkan teknologi HPI berupa peralatan fermentor. Koordinasi dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi terkait industri pengolahan yang ada di wilayah DI Yogyakarta untuk kegiatan penerapan aplikasi teknologi HPI.

Kunjungan BBP2HP diterima langsung oleh Kepala LPPMPHP, Luthfi Assadad, S.Pi beserta Tim Pelayanan Teknis. Diskusi diawali dengan pemaparan oleh Bapak Koordinator Pelayanan Teknis, Tri Nugroho Widianto, M.Si tentang hasil litbang di LPPMPHP. Dalam diskusi juga disampaikan minat para Perekayasa BBP2HP untuk mengaplikasikan beberapa teknologi hasil litbang LPPMPHP berupa teknologi alat pengering rumput laut hybrid beserta pengembangan sumber energi hibrid untuk kegiatan pengembangan teknologi pengolahan ikan asin dari ikan Patin yang dapat dimanfaatkan oleh UKM.


Kegiatan kunjungan oleh Tim Perekayasa dilanjutkan dengan mengunjungi sarana workshop, ruang display peralatan hasil litbang LPPMPHP, dan bengkel konstruksi yang ada di LPPMPHP. Selanjutnya, Tim Perekayasa BBP2HP akan mengkaji lebih detil terkait pengembangan teknologi pengolahan produk perikanan dengan efisiensi penggunaan energi yang dapat dimanfaatkan langsung oleh UKM.

0 comments:

Posting Komentar