Jumat, 23 Desember 2016

Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional



Informasi tentang percepatan pembangunan industri perikanan KKP yang dikemukakan oleh Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Nilanto Perbowo yang dimuat di Bisnis Tempo tanggal 16 November 2016

Menindaklanjuti Instruksi Presiden No. 7/2016, Kementerian Kelautan dan Perikanan menetapkan percepatan pembangunan industri perikanan nasional mulai tahun 2017. Pada tahun 2016, KKP fokus pada perlindungan nelayan, pembudidayaan ikan, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, serta penambak garam. Adapun pada tahun 2015, KKP fokus kebijakan pada pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal dan pembenahan tata kelola perikanan.

Pada tahun 2017 KKP menargetkan produksi olahan sebanyak 6,2 juta ton, naik dari tahun 2015 yang hanya 5,5 juta ton. Untuk mencapai target itu, KKP akan membangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di 12 pulau terluar. Kawasan tersebut dipilih selain karena terdapat stok ikan yang melimpah, juga relatif dekat dengan negara-negara tetangga yang akan menjadi sasaran ekspor.

Selain mempermudah kegiatan ekspor, keberadaan SKPT tersebut diharapkan dapat mendistribusikan pasokan bahan baku ke Unit Pengolahan Ikan (UPI) di dalam negeri yang saat ini produksinya jauh di bawah kapasitas yang ditentukan. Untuk memperlancar distribusi, KKP sedang melakukan pembicaraan dengan sejumlah BUMN yang bergreak di bidang logistik agar dapat mengoperasikan pengangkutan dari SKPT ke sejumlah UPI di Bitung (Sulawesi Utara), Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sumatra Utara.

Kegiatan yang dilakukan di masing-masing SKPT mencakup hulu dan hilir, perikanan tangkap maupun budi daya, pengawasan dan karantina, pengelolaan ruang laut, serta sumber daya manusia dan kelembagaan. Seluruh unit eselon I KKP akan bergerak di masing-masing SKPT. Di sisi hilir dan daya saing, KKP akan membangun sistem pendingin terintegrasi (integrated cold storage) berkapasitas 200-500 ton, ice flake kapasitas 10 ton dan 1,5 ton, coolbox dan freezer, gudang rumput laut, kendaraan roda empat dan roda enam berpendingin, sentra kuliner, dan pasar ikan bersih.

Sumber : Bisnis Tempo

0 comments:

Posting Komentar