Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 29 Desember 2016

Teknologi Pengolahan Pupuk Rumput Laut (Seri 3 - Alat Pencuci RumputLaut)


Rumput laut merupakan komoditas yang potensial untuk dikembangkan mengingat nilai gizi yang dikandungnya. Rumput laut dapat dijadikan sebagai bahan makanan, kosmetik, dan pupuk organik. Untuk mendapatkan kualitas rumput laut yang baik dan siap menjadi bahan baku perlu dilakukan penanganan yang baik dan benar.

Salah satu penanganan rumput laut yaitu pencucian untuk menghilangkan kotoran-kotaran berupa pasir, karang, garam, keong dan kotoran lainnya. Pencucian rumput laut pada umumnya masih dilakukan secara manual oleh para petani, yaitu dengan cara merendam rumput laut di dalam drum yang berisi air sambil diaduk dalam jangka waktu tertentu. Proses ini memerlukan waktu yang lama dan tidak efisien.

Untuk mengatasi kendala tersebut, pada tahun 2015 LPP-MPHP telah mengembangkan model alat pencuci rumput laut dengan sistem kontinyu seperti disajikan pada gambar 1. Mekanisme kerja alat ini cukup sederhana yaitu rumput laut dimasukkan kedalam drum pencucian yang berputar secara horisontal dan disertai dengan penyemprotan air untuk membersihkan kotoran – kotoran. Posisi drum yang didesain miring sehingga secara otomatis rumput laut akan keluar melalui outlet alat. Proses ini dapat dilakukan secara terus menerus tanpa harus berhenti untuk loading dan unloading. Pencucian rumput laut seperti disajikan pada gambar 2 dan 3.
Gambar 1. Alat pencuci rumput laut hasil rancang bangun LPP-MPHP
Gambar 2. Pencucian rumput laut
Gambar 3. Pencucian yang terjadi di dalam drum
Hasil uji kinerja alat menunjukkan bahwa kapasitas pencucian rumput laut E. Cottoni dan Sargassum berturut-turut sebesar 100 kg/jam dan  40 – 60 kg/jam. Keunggulan alat ini adalah menggunakan sistem kontinyu sehingga lebih mudah dan bisa mengurangi waktu loading dan unloading material.

0 comments:

Posting Komentar