Senin, 25 September 2017

Nelayan Pantai Baron Panen Ikan

Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)
Nelayan di Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mampu menangkap ikan sebanyak satu kwintal per hari, sehingga mampu menutup biaya operasional. Nelayan Gunungkidul menyampaikan bahwa dalam sekali melaut, nelayan rata-rata mendapatkan ikan 50 kilogram hingga satu kwintal per kapal dalam sehari dalam beberapa minggu terakhir. Ikan yang diperolehpun bermacam-macam, yaitu lisong hingga layur.

Para Nelayan juga menyampaikan bahwa pada musim kemarau memang biasanya berbagai jenis ikan mudah didapatkan. Arus dingin terjadi di sekitar perairan laut. Panen raya ikan ini diperkirakan masih akan terjadi hingga akhir Desember 2017 dan awal Januari 2018. Berbeda dengan tahun lalu, kondisi tahun ini lebih baik. Tahun lalu kondisi sangat susah bahkan dalam sehari nelayan hanya sanggup menangkap ikan sebanyak lima kilogram saja perharinya. Hal ini terjadi karena tahun 2016 terjadi kemarau basah yang menyebabkan air laut tetap hangat.

Ikan dijual bervariasi dari harga Rp 7 ribu hingga Rp15 ribu per kilogram. Sebagian besar pembeli memilih langsung membeli ketika kapal nelayan berlabuh. Para Nelayan berharap harga ikan tetap stabil, karena jika panen raya terkadang harga ikan tongkol lisong jadi turun drastis.

Sumber : AntaraNews, Solopos, Harian Jogja

0 comments:

Posting Komentar