Minggu, 08 Oktober 2017

WORKSHOP PENGISIAN SURVEI DATA LITBANG PEMERINTAH



Berdasarkan undangan dari Pusat Data dan Informasi Iptek dan Dikti (Pusdatin Iptek Dikti), satu orang perwakilan dari Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan mengikuti workshop pengisian survei data litbang pemerintah, yang diselenggarakan di Malang pada tanggal 5-6 Oktober 2017.

Survei data litbang pemerintah dilakukan oleh Pusat Data dan Informasi Iptek dan Dikti bekerjasama dengan Research Pro dalam rangka mengetahui tingkat perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Indonesia secara akurat agar dapat merumuskan kebijakan yang tepat bagi perkembangan iptek.

Acara dibuka oleh Perwakilan dari Pusdatin Iptek Dikti (Ibu Lela). Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi peserta pada acara workshop ini. Beberapa hal yang disampaikan diantaranya yaitu progres/realisasi pengumpulan data litbang pada rangkaian acara tahun sebelumnya. Pada rangkaian tahun 2016, realisasi data untuk litbang yang berasal dari instansi pemerintah sebesar 69%, jauh lebih rendah dibandingkan realisasi data untuk litbang dari ranah industri sebesar 90%. Narasumber selanjutnya yang terdiri dari Adi Putranto (Ristek Dikti), Malikus (Ristek Dikti) dan Argo Purnomo menekankan pada manfaat dan tujuan pengisian data litbang, metode survei dan area yang disurvei. Area yang disurvei sendiri meliputi lembaga litbang pemerintah, lembaga litbang industri, pendidikan tinggi dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Indikator yang disurvei sebagai instrumen berupa belanja litbang, personel atau SDM litbang dan luaran atau capaian litbang.

Usai rangkaian pembukaan, acara selanjutnya merupakan materi teknis pengisian survei data litbang dengan basis offline dan online yang dipandu oleh Indri Juwita Sari (Pappiptek LIPI) dan Canggih Pramono (Pusdatin Iptek Dikti). Untuk versi online, aplikasi dimulai dari registrasi akun pada halaman SIIN.ristekdikti.go.id dan pengisian data litbang pemerintah pada halaman esurvei.ristekdikti.go.id. Seluruh materi pada workshop ini dapat diunduh melalui halaman http://goo.gl/BJRtXs

0 comments:

Posting Komentar