Rabu, 28 Maret 2018

Pelatihan Analisa Protein Produk Perikanan di LRMPHP

Peranan peralatan laboratorium sebagai salah satu bagian dari sarana pendukung kegiatan riset menjadi sangat penting. Sebagai institusi riset, LRMPHP terus melakukan perbaikan secara terus-menerus untuk memaksimalkan fungsinya secara bertahap. Pada tahun 2018 ini, peralatan laboratorium yang diadakan di LRMPHP adalah alat uji protein semi automatis yang dilengkapi dengan unit digesti dan destilasi.
Unit distilasi
Unit digesti
Peralatan tersebut menggunakan Metode Kjeldahl dalam analisisnya. Metode Kjedahl merupakan metode analisa protein yang banyak digunakan karena sederhana, murah, akurat dan dapat digunakan untuk berbagai sampel, khususnya pada produk makanan. Analisa protein dengan cara Kjeldahl dibagi menjadi tiga tahapan yaitu proses destruksi, destilasi dan tahap titrasi. Destruksi dilakukan melalui pemanasan dengan asam sulfat pekat dan katalisator yang sesuai membentuk ammonium sulfat. Selanjutnya ammonium sulfat diubah menjadi ammonium hidroksida dengan penambahan natrium hidroksida. Amonium hidroksida yang terbentuk kemudian didestilasi uap untuk memisahkan senyawa amonia. Senyawa amoniak yang terbentuk lalu ditangkap menggunakan asam borat membentuk ammonium borat dan dititasi menggunakan asam klorida.
Instruktur memberikan arahan saat pelatihan
Pelaksanaan pelatihan alat uji protein oleh instruktur pemegang merek alat telah dilaksanakan pada 27-28 Maret 2018 di Laboratorium Kimia LRMPHP. Kegiatan diikuti oleh peneliti dan teknisi lingkup LRMPHP. Sampel yang digunakan dalam pelatihan pengujian protein produk perikanan adalah tepung ikan yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan pakan ikan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitasnya terhadap operasional alat maupun aplikasi penggunaannya, khususnya dalam analisa protein pada produk perikanan. Melalui pelatihan ini diharapkan menjadi modal berharga bagi Laboratorium Kimia LRMPHP untuk menjadi tempat analisa yang profesional, tervalidasi hasilnya, dan memiliki staf yang handal serta dapat menjaga peralatan yang ada.

0 comments:

Posting Komentar