Rabu, 18 April 2018

LRMPHP Lakukan Studi Banding Layanan Perpustakaan dan Pengarsipan

Keberadaan perpustakaan pada suatu lembaga riset sangat diperlukan. Hal ini karena perpustakaan dapat mempercepat penyebarluasan informasi hasil riset kepada masyarakat. Perpustakaan sangat potensial dalam mendukung pencapaian tujuan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mendukung tersedianya perpustakaan yang representative, LRMPHP sebagai institusi riset telah mengirim dua orang stafnya untuk melakukan studi banding.

Diskusi di ruang pengolahan bahan koleksi di perpus sleman

Diskusi di perpustakaan UGM
Studi banding bertujuan untuk mempelajari tentang  kepustakaan yang meliputi pelayanan, pengelolaan, pengembangan dan pengarsipannya serta perkembangan teknologi informasi. Kegiatan studi banding tersebut dilakukan pada tanggal 9-10 dan 18 April 2018 di Perpustakaan UGM, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotamadya Yogyakarta  serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman. Studi banding dilakukan dengan cara diskusi bersama pengelola perpustakaan yang dilanjutkan dengan pengamatan di lokasi.

Hasil studi banding diperoleh cara pengelolaan bahan pustaka melalui inventarisasi  menggunakan aplikasi SIPUS (Sistem Informasi Perpustakaan), klasifikasi dengan DDC (Dewey Decimal Classification) serta penentuan tajuk subyek dengan daftar tajuk subyek Perpustakaan Nasional. Diharapkan dengan pelaksanaan studi banding akan menambah wawasan dan pengetahuan yang nantinya dapat diterapkan di LRMPHP sehingga menjadi lebih baik. 

0 comments:

Posting Komentar