Kamis, 19 Juli 2018

LRMPHP Mendampingi Kunjungan Kerja Kepala BRSDMKP ke P2MKP di Sleman

Kunjungan kerja Ka BRSDMKP ke Sleman (dok. LRMPHP)

Kunjungan Kerja Kepala Badan Riset Kelautan dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Prof. Sjarief Widjaja ke Sleman DI Yogyakarta pada Kamis (19/7). Kepala BRSDM KP didampingi oleh Dr. Ir. Toni Ruchimat, M.Sc (Kepala Pusriskan), Prof. Hari Eko Irianto (Kepala BBRP2BKP), Dr. Endhay Kusnendar dan sejumlah staf BRSDMKP. Pada kesempatan tersebut juga hadir kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman dan kepala BKIPM Yogyakarta.

Kunjungan kerja diawali dengan mengunjungi P2MKP Mina Raya di Dusun Kaliwuru, Selomartani, Kalasan, Sleman DI Yogyakarta. Pada kesempatan tersebut Kepala BRSDMKP berdialog dengan pengelola P2MKP Mina Raya. Pada dialog tersebut pengelola P2MKP Mina Raya menyampaikan perkembangan dari awal berdirinya sampai menjadi pusat pelatihan dan budidaya ikan Nila. Saat ini P2MKP Mina Raya dapat memproduksi 150 – 200 ton per tahun bibit ikan Nila dengan didukung 6 hatchery dengan masing-masing hatchery terdiri dari 8 paket indukan. Sedangkan pada pembesaran ikan Nila, produksi mencapai sekitar 50 ton per tahun.


Dialog dan diskusi Ka BRSDMKP di Mina Raya (dok. LRMPHP)

Dari dialog tersebut, Kepala BRSDMKP mengapresiasi hasil kerja P2MKP Mina Raya dan cukup potensial untuk dikembangkan lebih lanjut. Oleh karena itu pada kesempatan tersebut Beliau menyampaikan tentang konsep Kampung Wisata Perikanan di dusun Kaliwuru. Beliau berharap konsep kampung wisata perikanan tersebut terdiri dari wisata kuliner perikanan dan wisata budidaya perikanan. Jadi pengunjung selain dapat menikmati kuliner perikanan dan pesona alam juga akan disuguhi informasi dan edukasi tentang budidaya perikanan mulai dari pakan ikan, pembibitan, pembesaran, panen dan pengolahannya.

Kunjungan selanjutnya adalah ke P2MKP Mina Ngremboko di Desa Wisata Bokesan, Sindumartani, Ngemplak, Widodomartani, Sleman, DI Ygyakarta. Kunjungan dimulai dengan berdiskusi sambil mengunjungi lokasi-lokasi budidaya dan pengolahan. Selanjutnya kepala BRSDMKP menghadiri Forum Komunikasi (FORKAM) yang telah dipersiapkan oleh P2MKP Mina Ngremboko. Dalam forum komunikasi tersebut kepala BRSDMKP berdialog dengan pengelola P2MKP, Penyuluh Perikanan dan Dinas Perikanan Kabupaten Sleman.


Dialog dan diskusi Ka BRSDMKP di Mina Ngremboko (dok. LRMPHP)

Pada dialog di FORKAM ketua P2MKP Mina Ngremboko Bapak Saptono menyampaikan paparannya tentang pencapaian P2MKP dari awal berdiri sampai saat ini. Dalam paparannya disampaikan bahwa saat ini P2MKP Mina Ngremboko telah memiliki kawasan perikanan dengan 700 kolam ikan dan telah memiliki 80 hatchery. Selain bergerak di bidang budidaya, juga sudah menghasilkan produk olahan, salah satunya Nila Crispy. Produk tersebut telah mendapat pangsa pasar di masyarakat sehingga permintaan semakin meningkat.

Menanggapi paparan tersebut, kepala BRSDMKP mengapresiasi hasil kerja yang sudah dicapai sampai saat ini. Selanjutnya dalam arahannya Beliau berharap supaya P2MKP Mina Ngremboko bisa menjadi bisnis network di bidang perikanan. Dalam arahannya juga disampaikan agar kedepannya dapat dibuat konsep wisata budidaya perikanan sehingga sleman bisa menjadi pusatnya di tingkat nasional bahkan internasional. Sementara itu, Kepala BRSDM memberi arahan kepada para Penyuluh di Kabupaten Sleman agar membuat suatu model penyuluhan untuk dijadikan percontohan bagi penyuluh-penyuluh di daerah lain.

0 comments:

Posting Komentar