Senin, 10 September 2018

Kunjungan LRMPHP ke Politeknik Kelautan Perikanan Bitung

Perwakilan dari LRMPHP bersama Pudir II dan Staf Pengajar Poltek KP Bitung (dok. LRMPHP)
Kunjungan Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) ke Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Bitung pada Rabu (05/09) bertujuan untuk penjajakan dan peningkatan jejaring kerjasama riset dan pendidikan bidang mekanisasi pengolahan hasil perikanan dengan Politeknik KP Bitung. Kunjungan ini diwakili oleh Peneliti dari LRMPHP beserta Tim Pelayanan Teknis. Kunjungan diterima oleh Pudir II Bapak Daniel H. Ndahawali, S.Pi, M.Si, dan beberapa staf pengajar (dosen) di Politeknik KP Bitung. Diskusi diawali dengan pemaparan profil, tugas dan fungsi dari Politeknik KP Bitung. Adapun tugas dan fungsinya yaitu untuk menciptakan sumberdaya manusia kelautan dan perikanan yang cakap handal dan terampil serta siap terjun dilapangan kerja. Berdasarkan hasil diskusi yang sudah dilakukan, kerjasama yang mungkin bisa dilakukan antara LRMPHP dengan Politeknik KP Bitung diantaranya :  1) Penelitian besama bidang mekanisasi pengolahan hasil perikanan, 2) Penyebaran informasi hasil litbang teknologi pengolahan produk perikanan yang bisa digunakan sebagai bahan ajar di Politeknik KP Bitung, 3) Keterlibatan peneliti LRMPHP sebagai dosen tamu di Politeknik KP Bitung.


Diskusi dengan Pudir II dan mengunjungi lab pengolahan (dok. LRMPHP)
Politeknik KP Bitung saat ini memiliki tiga program studi yaitu Teknik Penangkapan Ikan (TPI), Mekanisasi Perikanan (MP) dan Teknik Pengolahan Produk Perikanan (TPPP). Berdasarkan program studi yang ada, program studi mekanisasi perikanan dan pengolahan produk perikanan memiliki keterkaitan dengan tugas dan fungsi Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP).

Setelah diskusi dilakukan, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium pengolahan untuk program studi TPPP. Beberapa peralatan yang ada di laboratorium pengolahan diantaranya yaitu peralatan pengadon, peralatan pembuat bakso, peralatan pengemasan produk dan peralatan pengasapan ikan. Peralatan tersebut digunakan sebagai alat penunjang kegiatan belajar dan mengajar para Taruna dan Taruni. Sistem perkuliahan di Politeknik KP Bitung memiliki porsi praktik kerja 70% dan teori 30% dengan memanfaatkan fasilitas teaching factory yang mengintegrasikan pendidikan dan produksi usaha.

Selain dengan sistem pembelajaran yang dicetak untuk siap kerja, para Taruna dan Taruni juga dibekali sertifikat Keahlian ANKAPIN I untuk program studi Teknik Penangkapan Ikan (TPI); ATKAPIN I untuk program studi Mekanisasi Perikanan (MP); Sertifikat Pengolah Ikan dan HACCP untuk Program Studi Teknik Pengolahan Produk Perikanan (TPPP), Sertifikat BST (Basic Safety Training) berstandar internasional, dan juga sertifikat Kompetensi Kompetensi Keahlian dari BNSP.

0 comments:

Posting Komentar