Kamis, 21 November 2019

MEMBANGUN SISTEM CERDAS PEMBERIAN PAKAN IKAN BERBASIS IMAGE PROCESSING


Budidaya ikan menjadi bisnis yang menjanjikan pada dekade belakang. Kemampuannya untuk menciptakan sumber ekonomi baru sekaligus menyediakan sumber pangan bagi dunia menjadi salah satu alasan bidang tersebut menjadi primadona. Salah satu kunci sukses dalam budidaya ikan adalah pemberian pakan yang efektif. Sejumlah faktor penentu dalam proses pemberian pakan efektif adalah memperhatikan karakteristik spesies ikan terutama umur dan ukuran ikan serta perbedaan perilaku ikan selama proses tersebut.

Untuk menciptakan sistem pemberian pakan yang efektif sejumlah ilmuwan di departemen teknik elektro Universitas Liverpool, Inggris mengembangkan sebuah sistem pemberian pakan otomatis berbasis image processing. Sistem cerdas yang dikembangkan mampu menentukan perilaku sensori ikan berdasarkan rekaman tingkah laku makan ikan secara citra digital yang selanjutnya berdasarkan rekaman digital tersebut dapat menentukan tingkat kebutuhan makan ikan. Data tersebut kemudian digunakan untuk pemberian pakan ikan. Sistem yang dikembangkan juga mampu memecahkan masalah distribusi pakan yang efektif untuk seluruh ikan yang seringkali dijumpai pada sistem konvensional dimana ikan berukuran kecil cenderung tertinggal pertumbuhannya karena kompetisi memperebutkan makanan yang tidak seimbang.

Sistem canggih tersebut memiliki tiga komponen utama yaitu mekanisme pemberian pakan berupa tabung silinder horizontal dilengkapi dispenser otomatis dan pengatur celah pada satu sisi, algoritma image processing untuk menghitung total ikan dalam kolam budidaya dilanjutkan dengan pengukuran panjang dan bobot ikan serta pengukuran parameter pertumbuhan yaitu Feeding Effiency (Efisiensi Pakan) dan Specific growth Ratio (Rasio Pertumbuhan Spesifik). Secara keseluruhan diagram blok sistem yang diajukan digambarkan sebagai berikut:

Sumber gambar: DOI: 10.5121/csit.2018.81506




Penulis :  I Made Susi Erawan, Peneliti LRMPHP





0 comments:

Posting Komentar