Kamis, 05 Desember 2019

Kepala LRMPHP Hadiri Rakornas KKP 2019

Rakornas KKP 2019
Kepala Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) menghadiri rapat koordinasi nasional (rakornas) Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2019 yang dilaksanakan di hotel Borobudur Jakarta pada tanggal 4-5 Desember 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Bapak Edhy Prabowo dan dihadiri oleh jajaran pejabat eselon 1 dan 2 KKP, Kepala Unit Pelaksana Teknis lingkup KKP, kepala dinas kelautan dan perikanan tingkat propinsi/kabupaten/kota dari seluruh Indonesia, serta stakeholders kelautan dan perikanan (asosiasi, kadin, dan pelaku usaha KP).

Dalam sambutannya, Menteri KKP menyampaikan perlunya dukungan dan komunikasi dengan dinas KP daerah dan pelaku usaha untuk mensukseskan program dan kegiatan KKP. “Kebijakan tidak hanya top down, tetapi juga bottom up, mendapatkan masukan dari instansi daerah, pelaku usaha dan stakeholders lainnya, “ tuturnya. Selain itu, Menteri KKP juga menyampaikan bahwa selama pejabat eselon 1 dapat bergerak bersama dan bersinergis, maka tidak akan ada penggantian pejabat. 

Pada Rakornas KKP 2019, Bapak Sudin selaku Ketua Komisi IV DPR RI menyampaikan dukungan politiknya terhadap program dan kegiatan KKP, agar sejalan dengan RPJMN dan visi misi presiden. Beberapa program KKP juga mendapat dukungan dari DPR diantaranya  pendirian Poltek KP Lampung, dukungan anggaran KKP pada tahun-tahun mendatang, program dan kegiatan untuk peningkatan taraf hidup nelayan dll, daftar UU yang dilahirkan oleh DPR terkait KKP, penyatuan/pembentukan Badan Karantina Nasional dan perlindungan sumber daya KP dari ancaman tambang pasir.

Sebagai pembicara kunci dalam rakornas yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 

Menteri KKP menyampaikan rancangan program kegiatan KKP 2020-2024: sesuai 5 arahan utama Presiden saat pelantikan tanggal 20 Oktober 2019, memperbaiki komunikasi dengan nelayan, perikanan budidaya dioptimalkan dan diperkuat lagi, data target IKU KKP tahun 2020 dan 2024 untuk dibreakdown ke daerah serta  list perlunya dukungan pemda terhadap sektor KP (Penyelesaian rencana zonasi wilayah, pembinaan dan pendampingan UMKM, penguatan kegiatan gerakan masyarakat sehat, dukungan penyediaan lahan untuk kegiatan prioritas KKP, menciptakan iklim usaha yang kondusif, fasilitasi pelaku utama untuk pelatihan dan sertifikasi kompetensi, penjabaran tujuan pembangunan berkelanjutan, penguatan sistem data statistik KP).

Sementara itu Menteri PPN/Kepala Bappenas menyampaikan materi tentang Rancangan Awal RPJMN 2020-2024, Menteri Perhubungan tentang Sinergi Program Kemenhub dan KKP dan Menteri PUPR tentang Dukungan Pembangunan Infrastruktur untuk Sektor Kelautan dan Perikanan.

Rangkaian acara Rakornas KKP 2019 dilanjutkan dengan paparan eselon 1 KKP dan narasumber lainnya yaitu Prof. Dr. Rokhmin Dahuri (pakar kelautan dan perikanan) dan Prof. Dr. Ali Bakhtiar (pakar komunikasi publik); serta masing-masing sesi dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi.


Kepala LRMPHP Hadiri Rakornas KKP 2019

0 comments:

Posting Komentar