Rabu, 04 Desember 2019

Partisipasi LRMPHP Pada Pameran BBRP2BKP 2019

Partisipasi LRMPHP Pada Pameran BBRP2BKP 2019


Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) turut berpartisipasi dalam kegiatan pameran di Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRP2BKP) Jakarta pada 3 Desember 2019. Kegiatan pameran dalam rangka Seminar Nasional Hasil Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan 2019 ini mengambil tema “Inovasi Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Menuju Era Industri 4.0”.

Sejalan dengan tema kegiatan tersebut, LRMPHP menampilkan peralatan uji kesegaran ikan berbasis android (alat UKI). Prinsip kerja alat ini adalah pendeteksian bau ikan menggunakan sensor ammonia dan citra mata ikan menggunakan kamera. Keunggulan alat uji ini selain bersifat non-destruktif (tidak merusak bahan), pengujiannya juga cepat dan dapat mengetahui kesegaran ikan secara real time.

Stan pameran LRMPHP merupakan salah satu stan yang menarik untuk dikunjungi karena saat pameran dilakukan demo alat UKI menggunakan ikan tuna. Salah satu pengunjung yang memberikan apresiasinya terhadap alat UKI adalah Profesor Riset BPPT sekaligus pernah menjabat Menko Maritim 2014-2015, Indroyono Soesilo. Pada kesempatan tersebut, Indroyono Soesilo mengapresiasi hasil riset para peneliti LRMPHP dan berharap alat UKI dapat dikembangkan sehingga bermanfaat bagi masyarakat. Senada dengan Indroyono Soesilo, Kepala BRSDM, Sjarief Widjaja juga mengapresiasi atas inovasi yang dihasilkan LRMPHP serta memberikan motivasi agar peralatan yang ditampilkan segera dapat dihilirisasi. 

Selain diikuti oleh LRMPHP, pameran dalam rangka Seminar Nasional Hasil Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan 2019 juga diikuti oleh UKM dan swasta serta internal BBRP2BKP yang menampilkan produk-produk hasil riset  bidang bioteknologi, keamanan pangan dan pengolahan produk.

0 comments:

Posting Komentar