Rabu, 18 Desember 2019

Pengukuran Nilai Porositas Menggunakan Software ImageJ

ImageJ (https://imagej.nih.gov/ij/) adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menganalisis pori-pori dan untuk menentukan wilayah distribusi ukuran berbasis pori, diameter pori, dan fraksi persen daerah pori-pori dari suatu objek. Perangkat lunak ini menggunakan kontras antara dua fase (pori-pori dan bagian padat) dalam gambar. Pengukuran porositas menggunakan software ImageJ mengikuti metode yang telah dilakukan oleh Ridha dan Darminto (2016) yang dimuat dalam Jurnal Fisika dan Aplikasinya. Hasil mikrografi SEM (scanning electron microscopy) selanjutnya dianalisis menggunakan software ImageJ untuk mengetahui ukuran pori permukaan suatu objek. Ukuran pori ini nantinya digunakan untuk menentukan nilai porositas.
Analisis mikrografi SEM pada software ImageJ meliputi beberapa tahap yaitu :

1. Tahap persiapan gambar
Langkah pada tahap ini meliputi membuka software Image-J > open file mikrografi SEM sampel > pilih menu Analyze > Set Scale (nm, ยต m) > pilih menu Image > Crop gambar. Hasil gambar pada tahap ini ditunjukkan pada gambar berikut.

Tampilan mikrografi SEM (Sumber : www.jitek.ub.ac.id)
2. Tahap threshold gambar
Tahap ini merupakan tahap segmentasi warna gambar. Pada tahap ini, warna dibedakan menjadi warna partikel atau pori dan warna latar belakang (background). Langkah pada tahap ini adalah pilih menu Image > Adjust > Threshold > Setting ukuran warna berdasarkan topografi gambar. Hasil gambar pada tahap ini ditunjukkan pada gambar berikut.

Tampilan hasil proses threshold
3. Tahap analisis gambar
Langkah dalam tahap ini adalah pilih menu Analyze > Set parameter > Ok, pilih kembali menu Analyze > Analyze Particles. Nilai data hasil analisis keluar dalam bentuk file Excel. Hasil gambar pada tahap ini ditunjukkan pada gambar berikut.

Tampilan hasil proses analyze particle
Selanjutnya dari software imageJ diperoleh data luas permukaan total sampel yang dianalisis (AT) dan luas total pori yang teranalisis dari sampel (ATP). Maka nilai porositas dapat dihitung dengan persamaan berikut.







Penulis : Toni Dwi Novianto, Peneliti LRMPHP

0 comments:

Posting Komentar