Jumat, 04 September 2020

Peneliti LRMPHP Paparkan Hasil Riset Pada Semnaskan UGM XVII 2020

Peneliti LRMPHP paparkan hasil riset dalam bentuk poster di Semnaskan UGM XVII

Peneliti LRMPHP berpartisipasi pada Seminar Nasional Tahunan XVII Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan & Pertemuan Ilmiah Ke-12 MPHPI Tahun 2020 yang diselenggarakan  secara daring via Zoom dan Youtube oleh Departemen Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada pada tanggal 1– 4 September 2020. Seminar dan pertemuan ilmiah tahun ini mengambil tema “Inovasi dan Komersialisasi Penelitian Hasil Perikanan untuk Mendukung Transformasi Ekonomi Indonesia”. Semnaskan UGM XVII tahun ini berkolaborasi dengan Pertemuan Ilmiah Masyarakat Pengolahan Hasil Perikanan (MPHPI) Ke-12 dengan tujuan untuk mewadahi pertemuan para peneliti bidang perikanan dan kelautan, pelaku usaha perikanan, pemerintah (pengambil kebijakan) dan seluruh pemangku kepentingan bidang perikanan dan kelautan, untuk membahas capaian hasil penelitian yang telah dilakukan.

Seminar dilandasi dari peran perguruan tinggi dan lembaga riset untuk memproduksi dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi perikanan dan kelautan dibutuhkan untuk meningkatkan daya saing bangsa. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dihasilkan oleh berbagai perguruan tinggi dan institusi riset diharapkan dapat memberikan manfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengembangan industri perikanan dan kelautan yang berdaya saing. Karena itu, diseminasi hasil-hasil penelitian melalui seminar atau berbagai pertemuan ilmiah lainnya diharapkan dapat memperkuat pertukaran informasi, komunikasi maupun sinergi dan kolaborasi antar para peneliti dalam rangka memperkuat basis pengembangan keilmuan dan teknologi perikanan dan kelautan. 

Pelaksanaan Semnaskan UGM XVII dan Pertemuan Ilmiah ke-12 MPHPI tahun 2020 secara virtual dan online (aplikasi zoom dan youtube) dengan rangkaian acara yaitu sesi pleno dan sesi paralel (presentasi). Sesi pleno meliputi Sambutan Rektor Universitas Gadjah Mada, Pelantikan Korwil MPHPI tingkat Provinsi/Wilayah se-Indonesia,  Pembicara Kunci  dan Pembicara Khusus. Pembicara Kunci Pertama yaitu Dr. Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A. (Menteri Kelautan dan Perikanan RI), Pembicara Kunci Kedua Dr. Penny Kusumastuti Lukito, M.C.P. (Kepala Badan POM RI), Pembicara Kunci Ketiga Dr. Amir Husni, M.P.(Universitas Gadjah Mada), Pembicara Kunci Keempat Ir. Ady Surya(Ketua Umum MPHPI) dan Pembicara Khusus Ir. Supari, M.Si.(Direktur BRI dan Wakil Ketua Umum MPHP).

Pada sesi paralel (presentasi) diikuti oleh 206 presenter, berasal dari lingkungan perguruan tinggi, lembaga penelitian, perusahaan (BUMN dan swasta), organisasi non pemerintah, pengambil kebijakan, mahasiswa dan masyarakat pengguna ilmu pengetahuan dan teknologi perikanan dan kelautan. Hasil penelitian yang dipresentasikan mencakup bidang budidaya perikanan (akuakultur, dummy, genetika dan pembenihan ikan, kesehatan ikan, nutrisi dan pakan ikan), manajemen sumberdaya perikanan (biologi perikanan, ekologi perairan, manajemen sumber daya perikanan, sosial ekonomi perikanan), dan teknologi hasil perikanan (mikrobiologi dan bioteknologi hasil perikanan, mutu dan keamanan produk perikanan, pangan fungsional produk akuatik, pascapanen hasil perikanan).

Peneliti LRMPHP paparkan hasil riset secara oral di Semnaskan UGM XVII

Peneliti Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) juga berpartisipasi dalam seminar/pertemuan ilmiah ini, yaitu  Putri Wullandari, I Made Susi Erawan, Ahmat Fauzi dan Toni Dwi Novianto. I Made Susi Erawan mempresentasikan makalah dengan judul “Perancangan dan Simulasi Aliran Udara pada Lemari Peniris Tahu Bakso Tuna Model Kabinet Vertikal” dalam kelas Teknologi Hasil Perikanan. Putri Wullandari menyampaikan makalah poster berjudul “Pengaruh Penyimpanan Eucheuma cottonii Kering dalam Mini Bunker Penyimpan Rumput Laut terhadap Mutu Karaginan yang Dihasilkan” dalam kelas Teknologi Hasil Perikanan. Ahmat Fauzi menyampaikan presentasi berjudul “Pengaruh Perlakuan Pengayakan dan Penjemuran terhadap Kadar Air dan Impurities Eucheuma cottonii Kering Pra Penyimpanan” dalam kelas Teknologi Hasil Perikanan dan “Uji Pengeringan Pakan Ikan Terapung dengan Pengering Rotary Drier” dalam kelas Budidaya Perikanan. Sedangkan Toni Dwi Novianto menyampaikan makalah poster berjudul “Analisis Struktur Mikro Nugget Ikan menggunakan Scanning Electron Microscopy” dalam kelas Teknologi Hasil Perikanan.


0 comments:

Posting Komentar