Rabu, 25 November 2020

Monitoring Kesegaran Ikan Menggunakan Smart Packaging

Smart packaging (Sumber gambar : https://www.idipac.com/)

Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Sensors and Actuators pada tahun 2020 telah mengkaji mengenai monitoring kesegaran ikan menggunakan metode smart packaging dengan mode ganda. Saat ini konsumen telah sangat peduli terhadap kualitas ikan terutama yang berhubungan dengan kesehatan. Oleh karena itu perlu ada terobosan baru mengenai metode monitoring kesegaran ikan. Salah satu teknologi yang digunakan adalah smart packaging. Smart packaging sendiri adalah kemasan yang dapat memantau perubahan produk baik di dalam  maupun di lingkungan sekitarnya. Pada smart packaging dilengkapi sensor kimia atau biosensor untuk memonitor kualitas dan keamanan makanan mulai dari produsen hingga sampai ke konsumen. Smart packaging dipilih karena lebih simpel dan cepat jika dibandingkan dengan metode lainnya seperti sensori dan kimia.

Smart packaging yang dikembangkan dilengkapi dengan sensor hybrid yang terbuat dari bahan tetraphenylethylene (TPE) dan polyaniline (PANI). Sensor ini menerjemahkan pH ikan menjadi warna yang digunakan sebagai dasar penentuan kesegaran ikan. Sensor ini dapat menampilkan dua macam indikator warna yaitu secara colorimetric dan fluorescent. Sensor ini berbentuk bulat dengan diameter 2 cm yang ditempelkan pada kemasan (packaging). Smart packaging diuji menggunakan ikan jenis red drum. Pengamatan perubahan warna pada sensor dilakukan setiap 2 jam. Perubahan warna ditampilkan dalam bentuk nilai L, a, dan b. Selain itu juga dilakukan pengujian nilai TVB-N (total volatile basic nitrogen) sebagai pembanding pembacaan warna sensor.

Penelitian ini menghasilkan smart packaging yang memiliki mode ganda yang dapat memonitor kesegaran ikan secara cepat, sensitif dan tanpa perlu merusak produk. Keuntungan menggunakan kombinasi PANI dan TPE adalah perubahan warna indikator kesegaran ikan dapat dilihat dalam dua mode yaitu secara langsung dan dengan menggunakan bantuan sinar ultraviolet (UV) yang lebih akurat dan sensitif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai regresi linear antara pembacaan warna sensor smart packaging dan TVB rata-rata diatas 0,9.


Penulis : Toni Dwi Novianto - LRMPHP


0 comments:

Posting Komentar