Selasa, 15 Desember 2020

MONEV SEMESTER II T.A. 2020 LINGKUP LRMPHP

Monev Semester II T.A. 2020 di LRMPHP 

Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) menyelenggarakan Monitong dan Evaluasi (Monev) Semester II T.A.  2020 pada 15 Desember 2020 di Aula LRMPHP secara daring melalui aplikasi zoom.  Monev II T.A. 2020 dibuka oleh Kepala Pusat Riset Perikanan (Pusriskan) Yayan Hikmayani dan dihadiri oleh Kepala LRMPHP Luthfi Assadad, evaluator kegiatan baik internal maupun eksternal KKP serta seluruh pegawai LRMPHP.

Kepala LRMPHP dalam sambutannya menyampaikan monev ini untuk melengkapi pelaksanaan kegiatan di LRMPHP baik riset maupun manajerial. Disampaikan kegiatan riset T.A. 2020 ada 4 judul yaitu Riset Desain dan Rancangbangun Alat Transportasi Ikan Hidup (ALTIH) Sistem Basah, Rancangbangun Mesin Pengemas Penghasil Bioplastik Ramah Lingkungan, Riset Rancangbangun Alat Sortasi dan Grading Kualitas Rumput Laut, dan Riset Rancangbangun, Introduksi dan Uji terap Skala Terbatas Mini Chilling Storage Menggunakan Biodisel.

Sambutan Monev II 2020 oleh Ka. LRMPHP dan arahan dari Ka. Pusriskan

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Pusriskan bahwa kegiatan monev sebagai bahan masukan untuk perbaikan pelaporan agar dapat digunakan sebagai bahan rekomendasi teknologi. Kepala Pusriskan juga mengapresiasi berbagai prestasi yang telah diraih LRMPHP selama tahun 2020 diantaranya dibidang manajerial meraih juara 1 Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (IP ASN) 2019, juara 1 pengelolaan kepegawaian dan juara 2 pengelolaan kinerja lingkup BRSDM KP serta dibidang riset 2 peneliti LRMPHP (Putri Wullandari dan Bakti Berlyanto Sedayu) meraih best presenter pada seminar internasional. Selain itu, Kapuriskan juga mengapresiasi kinerja LRMPHP yang dapat merealisasikan target capaian IKU (Indikator Kinerja Utama) T.A. 2020. 

Paparan riset Monev II dan evaluasinya

Pembahasan Monev II kegiatan riset tahun 2020, diawali dengan pemaparan Riset Desain dan Rancangbangun Alat Transportasi Ikan Hidup (ALTIH) Sistem Basah  oleh Tri Nugroho Widianto dengan evaluator Jaka Trenggana, S.Pi dari  BBPBAT Sukabumi. Masukan yang diberikan evaluator terkait sumber kelistrikan ALTIH dan penempatan panel sensor kualitas air di mobil agar mudah dalam monitoring selama perjalanan. Pada pemaparan kegiatan Riset dan Rancangbangun Mesin Pengemas Penghasil Bioplastik Ramah Lingkungan oleh Putri Wullandari dengan evaluator Dr. Akbar Hanif Dawan A., MT dari LIPI Bandung. Evaluator mengapresiasi alat ini sebagai yang pertama di Indonesia dengan sistem operasional yang mudah dan smart, serta menyarankan agar kapasitas produksi ditingkatkan sesuai kebutuhan pengguna. Pada Riset Rancangbangun Alat Sortasi  dan Grading Kualitas Rumput Laut yang dipaparkan oleh I Made Susi Erawan dengan evaluator Muhammad Fakhurrifqi, M.Cs dari UGM, evaluator memberikan masukan terkait pengambilan gambar untuk data base melaui video. Selanjutnya pada pemaparan Riset Rancangbangun, Introduksi dan Uji terap Skala Terbatas Mini Chilling Storage Menggunakan Biodisel oleh Arif Rahman Hakim dengan evaluator Indro Pranoto, S.T., M.Eng., Ph.D. dari UGM, evaluator menyarankan untuk menghitung analisis keekonomian peralatan yang dibuat.

Sementara itu evaluator internal KKP (Pusriskan) secara umum menyampaikan apresiasinya atas capaian prestasi yang diraih LRMPHP baik dibidang riset maupun manajerial. Prestasi yang diraih tersebut diharapkan dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Evaluator juga menyarankan agar peralatan yang dibuat ini untuk segera diusulkan patennya.

0 comments:

Posting Komentar