Sabtu, 06 Februari 2021

Kepala LRMPHP Dampingi Kunker Kapusriskan di Sleman

Kunjungan di kampung Nila Mino Ngremboko

Kepala Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan Bantul, Luthfi Assadad turut mendampingi kunjungan kerja Kepala Pusat Riset Perikanan KKP, Yayan Hikmayani di Sleman pada 6 Februari 2021. Kunjungan Kerja dalam rangka rangkaian kegiatan verifikasi kampung ikan untuk mewujudkan salah satu dari tiga program prioritas KKP, yaitu pembangunan kampung-kampung perikanan budidaya air tawar, payau dan laut, yang juga merupakan program unggulan KKP, sejalan dengan tagline-nya “mengembangkan perikanan budidaya berkelanjutan di beberapa wilayah Indonesia untuk meningkatkan ekonomi masyarakat”. Kegaitan verifikasi kampung ikan dilaksanakan dengan mengunjungi secara langsung lokasi masyarakat pembudidaya ikan di Kampung Nila serta Kampung Minapadi di Sleman.

Dalam kunjungannya di Kampung Nila POKDAKAN Mino Ngremboko Sleman, Kepala Pusat Perikanan mengapresiasi Pokdakan Mino Ngremboko yang telah berhasil membudidayakan Nila dan menjadi salah satu sentra pasar benih Nila di Yogyakarta. Selain menyediakan benih, Pokdakan Mino Ngremboko juga menyediakan ikan Nila ukuran konsumsi. Konsep yang dibangun di Mino Ngremboko melalui pembudidayaan Nila dengan kolam bersama dan juga kolam-kolam yang dikelola oleh rumah tangga di tiap-tiap rumah warga. Kedepannya selain budidaya ikan Nila, Pokdakan Mino Ngremboko juga ingin dikembangkan untuk lokasi desa wisata.

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Pusat Riset Perikanan dalam kunjungannya di Kampung Minapadi Samberembe, Sleman. Kepala Pusriskan sangat mengapresiasi pengembangan perikanan di Desa Samberembe ini, dan juga untuk keseluruhan wilayah Sleman seperti di Samberembe dan Mino Ngremboko. Dalam kunjungannya ini, Kepala Pusriskan menggali informasi mengenai minapadi dan pengelolaan desa Samberembe baik dari penyuluh maupun pengelola kampung minapadi dan kampung wisata. Kasi Pengembangan Perikanan dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, yang hadir dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman sangat mendukung pengembangan sektor perikanan. Hal ini tercermin dengan terbentuknya beberapa desa di Kabupaten Sleman yang dikembangkan di bidang perikanan antara lain desa minapadi, desa perikanan budidaya dengan kincir, desa budidaya nila, dll.

Kunjungan di Kampung Minapadi Desa Samberembe

Kampung Minapadi Samberembe merupakan salah satu kampung minapadi yang diinisiasi oleh POKDAKAN Mina Muda dan telah dikembangkan ke arah desa wisata yang dikelola oleh kelompok-kelompok yang terdiri dari POKDAKAN, kelompok masyarakat pertanian, dan juga kelompok masyarakat umum. Selain minapadi, juga terdapat pembudidayaan lele dengan sistem bioflok. Disamping itu juga telah dilakukan produksi pakan mandiri oleh POKDAKAN, pakan yang dihasilkan adalah jenis pakan tenggelam. Desa Samberembe sendiri telah dicanangkan sebagai Desa Wisata kelas tumbuh, dengan nama Mina Wisata Technopark Samperembe. Saat ini juga telah terjalin kemitraan dengan Bank Syariah Mandiri untuk bantuan dana pengembangan desa wisata


0 comments:

Posting Komentar