Selasa, 22 November 2022

Instruktur LRMPHP Berikan Pelatihan Pembuatan Tahu Bakso Ikan dengan Teknologi ALPINDEL

Pengisian adonan tahu bakso dengan ALPINDEL

Gaung “Gemarikan” (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) rupanya masih menggema dengan tujuan utama adalah meningkatkan konsumsi protein di masyarakat. Hal ini bisa dilakukan dengan diversifikasi olahan menjadi produk olahan yang lebih disukai masyarakat dan dapat dikonsumsi sewaktu waktu seperti diolah menjadi tahu bakso ikan. 

Pembuatan tahu bakso ikan rupanya belum terlalu banyak dikuasai oleh masyarakat. Sehingga Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) berkolaborasi dengan Kwarda DIY dan Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Yogyakarta melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan tahu bakso ikan pada tanggal 16 November 2022 di LRMPHP.

Peserta dalam kegiatan pelatihan adalah para pelajar SMK Kelautan di wilayah D.I Yogyakarta yang juga sebagai anggota Pramuka, yaitu SMK N 1 Tanjungsari Gunungkidul, SMK N 1 Sanden Bantul , dan SMK N 1 Temon Kulon Progo, masing-masing sebanyak 10 siswa. Selain dapat meningkatkan pengetahuan dalam hal memasak olahan ikan, pelatihan ini juga diharapkan sebagai modal kewirausahaan siswa SMK Kelautan setelah menyelesaikan masa studinya. 

Koko Kurniawan paparkan materi pembuatan tahu bakso ikan kepada peserta pelatihan

Untuk mengetahui tingkat kesiapan siswa dalam mengikuti pelatihan dalam pembuatan tahu bakso ikan, kegiatan pelatihan diawali dengan pretest. Kegiatan ini untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi pelatihan. Selanjutnya paparan materi secara singkat terkait pembuatan tahu bakso ikan  disampaikan oleh Instruktur LRMPHP, Koko Kurniawan. Dalam paparannya, Instruktur menyampaikan materi pelatihan pembuatan tahu bakso ikan sesuai modul yang telah dibagikan. "Langkah pembuatan tahu bakso ikan meliputi persiapan bahan/bumbu, pembuatan adonan, pengisian adonan ke dalam tahu, perebusan/pengukusan, penirisan,  dan penggorengan tahu bakso ikan, " paparnya. "Dalam pengisian adonan ke dalam tahu akan digunakan ALPINDEL (Alat Pengisi Adonan sistem Handel), yakni alat hasil rancang bangun LRMPHP dengan tingkat higienitasnya tinggi dan sudah diuji terap di UKM, " tambahnya.

Rangkaian kegiatan pelatihan selanjutnya praktek pembuatan tahu bakso ikan di Lab. Pengolahan LRMPHP dibawah bimbingan instruktur. Pada kesempatan ini para peserta pelatihan sangat antusias dan senang membuat tahu bakso ikan karena merupakan hal baru dan berhasil membuat tahu bakso ikan dengan tekstur, rasa dan bentuk sesuai yang diajarkan. Beberapa siswa bahkan menyampaikan produk hasil buatannya mirip produk yang dijual dipasaran, bahkan beranggapan memiliki rasa yang lebih lezat. 


Praktek pembuatan tahu bakso di Lab. pengolahan LRMPHP dan penyajian hasil olahan oleh salah satu peserta pelatihan

0 comments:

Posting Komentar