Selasa, 29 November 2022

Pelatihan Pengeringan Maggot di LRMPHP

Hasil pengeringan maggot dalam pelatihan di LRMPHP

Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) sebagai salah satu UPT BRSDM KP yang kedepan akan bertransformasi menjadi satker yang akan mengembangkan SDM KP melakukan pelatihan pengeringan Maggot untuk pakan ikan. Pelatihan dilakukan dalam rangka menambah pengetahuan, keterampilan serta mengenalkan teknologi pengeringan mengunakan alsin kepada peserta. Pelatihan dilakukan kepada 6 siswa/i SMKN 1 Temanggung Kelas XIII/Tingkat IV dan 5 siswi kelas XI SMKN 1 Jepara. Pelatihan dibimbing oleh instruktur Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan diantaranya Tri Nugroho, Wahyu T Handoyo dan Koko kurniawan. 

Pelatihan pengeringan maggot telah dilakukan pada minggu II November tahun 2022. Pelatihan pengeringan maggot dilakukan di laboratorium pengolahan dan kimia LRMPHP. Maggot BSF (Black Soldier Fly) adalah larva dari jenis lalat besar berwarna hitam yang terlihat seperti tawon. Maggot BSF adalah bentuk dari siklus pertama (larva) Black Soldier Fly yang melalui proses metamorfosis menjadi lalat dewasa. Fase metamorfosa maggot BSF dimulai dari telur, larva, prepupa, pupa, dan lalat dewasa, semuanya memakan waktu 40 sampai 45 hari saja.

Maggot dapat dimanfaatkan untuk pakan ikan baik secara langsung maupun diolah menjadi pelet ikan. Pengeringan maggot dilakukan untuk memudahkan penyimpanan serta memperlama umur simpan. Selain itu pengeringan magot dilakukan juga untuk dapat diproses menjadi tepung magot sebagai bahan baku tepung maggot.

Pengeringan maggot dengan mesin pengering rotary drying

Pada pelatihan tersebut dilakukan pengeringan menggunakan pengering microwave serta menggunakan mesin pengering rotary drying. Tahapan pengeringan diawali dengan membersihkan maggot dari kotoran kemudian dilakukan sortasi sesuai ukuran. Setelah bersih maggot dimasukkan ke dalam mesin pengering kemudian disetting sesuai kebutuhan. Pengeringan menggunakan microwave dilakukan selama 45 menit pada daya P10, sedangkan pengeringan menggunakan rotary drying dilakukan pada suhu 100-150 selama 40 menit. Setelah kering maggot diangin-anginkan sampai dingin kemudian dipacking dalam plastik. 

Hasil pengeringan maggot yang baik akan didapatkan rendemen sekitar 30-35 % dengan kenampakan kuning keemasan, bentuk mengembang serta tekstur yang kering. Pada pelatihan pengeringan maggot tersebut juga dilakukan beberapa treatment awal seperti perebusan untuk mendapatkan kulitas maggot kering yang baik. Para siswa-siswi yang mengikuti pelatihan ini juga turut menyampaikan antusiasme dan apresiasinya karena memperolah ilmu baru yang bermanfaat dan dapat diterapkan untuk usaha.


0 comments:

Posting Komentar